SEBERAPA JETLAG BERPENGARUH PADA TIM-TIM EURO?

oleh -6 views
SEBERAPA JETLAG BERPENGARUH PADA TIM-TIM EURO? 1

Suatu contoh kasus, oleh karena tuan-tuan rumah dari perhelatan Euro 2020 yang tertunda ini adalah 12 kota penyelenggara, maka sudah tentu akan ada tim-tim tertentu yang bolak-balik naik pesawat.

Grup E misalnya, yang beranggotakan tuan rumah Spanyol, Swedia, Polandia dan Slowakia. Spanyol tetap bermarkas di Sevilla selama penyisihan grup melawan ketiga tim lainnya. Sedangkan ketiga tim lainnya harus melakukan laga kontra di St. Petersburg Rusia. Antara Spanyol dan Rusia itu terbentang suatu jarak tiga daerah waktu, yaitu Eropa Barat, Eropa Tengah dan Eropa Timur. Itu artinya kondisi fit dari tim-tim Polandia, Swedia dan Slowakia sangat riskan dipengaruhi ketahanan atas jetlag terbang bolak-balik Spanyol dan Rusia.

Jetlag itu diakibatkan oleh perbedaan zona waktu, sehingga juga berakibat pada ritme kerja dan istirahat. Ketika seseorang yang terbang melewati beberapa zone waktu, otomatis akan mengubah pola waktu tidurnya. Hal ini akan sangat berpengaruh bagi para pekerja dan olahragawan yang harus bisa menyesuaikan diri secepatnya.

Gejala-gejala awal jetlag adalah kondisi tubuh yang lemas dan mual. Tetapi seiring waktu, jika kondisi tubuh sudah mampu menyeimbangkan tekanan akibat perubahan zona waktu, maka kondisi fit bisa kembali.

Tetapi bagaimana kondisi tim-tim yang harus melakukan proses bepergian itu dalam satu dua Minggu? Seberapa cepat kondisi pemulihan itu akan dicapai yang sesudahnya harus bepergian kembali di atas pesawat? Kita lihat saja nanti bagaimana performa tim-tim Swedia, Polandia, dan Slowakia. (CPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.