SEJARAH SANG DINAMIT DENMARK

oleh -21 views
SEJARAH SANG DINAMIT DENMARK 1

Palangka Raya (Dayak News) Denmark selalu dijuluki sang Dinamit dalam dunia sepakbola. Gelar itu setidaknya dimulai pada dekade 1980-an, ketika Denmark dalam penyisihan Euro 1984, mengalahkan Inggris di Wembley London 1-0. Mereka lolos ke Perancis.

Denmark terbilang sebagai negara yang terlambat dalam modernisasi tim nasionalnya untuk berlaga di kompetisi dan turnamen tingkat dunia. Pasalnya, badan sepakbola negara susu sapi itu (DBU) melarang pemain-pemain profesional untuk memperkuat tim nasionalnya. Entah karena apa alasannya.

Barulah sejak tahun 1971, larangan itu dicabut, dan Denmark mulai mengikuti turnamen-turnamen tingkat benua dan dunia.

Dalam penyisihan di fase grup Piala Dunia 1986 Meksiko, Denmark mengejutkan dengan ledakan melumat Uruguay 6-1. Sayangnya di fase 16 besar Denmark balik digulung Spanyol 5-1 dan tersingkir. Sejak itulah gelar Dinamit lekat dengan profil timnas Denmark.

Kejutan yang tidak tergantikan hingga saat ini dari Dinamit Denmark, adalah dalam perhelatan Euro 1992 ketika negeri itu hanya lolos ke putaran final akibat menggantikan Yugoslavia yang sebenarnya lolos kualifikasi, tapi terkena sanksi badan sepakbola UEFA karena perang etnis.

Denmark yang jadi underdog di grup ternyata bisa menggilas Inggris, Perancis dan Belanda sang juara bertahan. Dalam partai final 26 Juni 1992, di Goteborg Swedia, Denmark yang tidak diunggulkan justru menggilas Jerman 2-0.

Panzer Jerman kandas ditangan Dinamit Denmark yang tak diunggulkan. Suatu pelajaran bagi para pecinta bola, bahwa selama permainan ini dimainkan 2 x 45 menit, apa saja bisa terjadi. Perhitungan di atas kertas akan berbeda dengan real di atas lapangan hijau. Bola itu bundar. (CPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.