SEPULUH ATURAN DALAM EURO 2020 (2021)

oleh -20 views
SEPULUH ATURAN DALAM EURO 2020 (2021) 1

Palangka Raya (Dayak News) – Ada banyak peraturan terkait turnamen bola bergengsi Euro 2020 yang diundur tahun 2021 ini. Memperhatikan statuta dari badan sepakbola Eropa atau UEFA, peraturan-peraturan itu tebalnya mencapai 70 lembar halaman dan 19 ribu kata. Tetapi yang perlu diketahui cukup 10 (sepuluh) di antaranya. Baik aturan dalam dan di luar pertandingan.

Tulisan ini berasal dari terjemahan UEFA.com yang ditulis oleh Paul Saffer.

Peraturan-peraturan itu antara lain:

  1. Trofi Delaunay yang menjadi piala bergilir dalam turnamen ini nyatanya tidak dimiliki oleh negara juara bertahan, melainkan hanya replikanya saja. Piala replika itu tidak diperbolehkan untuk dibawa keluar tanpa seizin UEFA.
  2. Adu penalti diterapkan pada pertandingan terakhir di masing-masing grup untuk penentuan tim mana saja yang lolos. Tetapi jika ada tim lainnya yang memiliki nilai sama sehingga ada tiga tim sama-sama dinilai secara head to head biasa.
  3. Jika terjadi pertandingan tak dapat dilakukan secara penuh dalam satu hari, maka akan dilanjutkan keesokan harinya dengan waktu tersisa dan titik bola terakhir dimainkan sama.
  4. Satu tim nasional dari 24 tim yang berlaga diperbolehkan mendaftarkan 26 jumlah pemain dan 14 ofisial lainnya dengan kekuatan 40 rombongan.

Situasi pandemi Covid ini memberikan peluang ditambahkannya jumlah pemain yang biasanya hanya 23 pemain dalam turnamen resmi.

Khusus untuk penjaga gawang selain pemain utama dan dua cadangan masih bisa diganti jika cedera atau berhalangan hingga turnamen berakhir. Sedangkan untuk pemain selain penjaga gawang tidak bisa digantikan dalam kasus yang sama.

  1. Setiap tim nasional diharuskan hadir di stadion venue 75 menit sebelum pluit wasit berbunyi. Termasuk di dalamnya menyerahkan daftar pemain yang berlaga kepada panitia penyelenggara.
  2. Setiap pemain dalam tim diwajibkan membawa serta paspor kewarganegaraan yang sesuai dengan tim yang dibelanya.
  3. Baju jersey tim yang bertanding diberi nomor 1-26 dengan nomor 1 diwajibkan kepada penjaga gawang sementara nomor 25 lainnya diserahkan kepada ofisial tim mengaturnya.
  4. Hanya 18 pemain dan enam orang ofisial tim yang berada di bangku tim dalam satu pertandingan dengan aturan menjaga jarak duduk.
  5. Setiap akhir pertandingan untuk kepentingan liputan pers maka ada dua tiga pemain dan pelatih yang wajib memberi keterangan dan kesan pertandingan.
  6. Turnamen ini secara resmi diberi nama UEFA EURO 2020 yang merupakan edisi ke-16 sejauh ini dan turnamen edisi ke-17 akan digelar di Jerman tahun 2024. (CPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.