OPD GUMAS DIMINTA DIPERCEPAT PENGGUNAAN ANGARAN

oleh -1 views
Foto: RAPAT - Asisten Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Ir. Yohanes Tuah, M.Si memimpin rapat TEPRA di ruang rapat lantai I Kantor Bupati Gumas, Selasa (11/6/19). (Dayak News/Adv/AI).

Kuala Kurun, 12/6/19 (Dayak News). Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) SOPD, Selasa (11/6/19) pagi, di ruang rapat lantai I Kantor Bupati Gunung Mas.

Rapat tersebut dipimpin langsung yang mewakili Bupati, Asisten Perekonomian Setda Gumas, Ir Yohanes Tuah, M.Si didampingi Kepala BPPRD Drs. Hansli Gonak, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Ir. Rawei, MT, Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Gumas serta peserta rapat.

Rapat TEPRA APBD 2019 membahas tentang laporan realisasi belanja keuangan dan fisik Kabupaten Gumas Tahun 2019 posisi 31 Mei 2019.
Dalam kesempatan itu, Asisten Perekonomian Ir. Yohanes Tuah, M.Si mengatakan, untuk per 31 Mei 2019 kita sudah berada di urutan kedua. Realisasi yang telah dicapai 17,80 persen berada dibawah Kotwaringin Timur (Kotim). Tentu saja kita tidak lagi di urutan pertama seperti bulan sebelumnya per 31 April 2019.

”Kita juga tidak ingin terpandang sebagai Kabupaten yang selalu memacu anggaran. Kalau saya melihat dari tupoksi saya, untuk menjaga kita agar realisasi keuangan kita itu menyebar merata sepanjang tahun, itu yang menjadi pokok utama kita,” ujarnya.

Sudah ada kajian akademis yang menyatakan bahwa, PDRB kita adalah akumulatif tahunan dampak dari pada suntikan belanja Pemerintah, akan lebih besar dampaknya bagi PDRB kalau anggaran itu menyebar masuk ke dalam sistem perekonomian kita sepanjang tahun, dari pada kalau suntikan belanja pemerintah tiba-tiba melonjak naik pada akhir tahun.

Seluruh OPD harus berkomitmen untuk merealisasi program kegiatan sesuai jadwal yang telah di rencanakan, anggaran-anggaran yang digunakan lebih cepat.

”Saya berharap ke depan realisasi anggaran kita semakin lancar sehingga apa yang menjadi harapan Pemerintah Kabupaten Gumas bisa terwujud,” tandas Ir. Yohanes Tuah, M.Si pernah menjabat sebagai Plt. Kadis KominfoSP tahun 2017.(Dayak News/AI/BBU).

BACA JUGA :  KONSULTASI PUBLIK PENATAAN BLOK PENGELOLAAN DAN RPJP TAHURA LAPAK JARU 2019-2028 DI GUMAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *