Dengan Adanya Kodamar di IKN maka Kalteng Memerlukan Brigif Marinir Juga

oleh -
oleh
Dengan Adanya Kodamar di IKN maka Kalteng Memerlukan Brigif Marinir Juga 1
Tampak Posal Pulang Pisau di Bahaur. (foto/Ist)

Oleh : Christian Sidenden (Redaktur senior Dayak News)

Seiring dengan perpindahan ibukota negara (IKN) ke Penajam Paser dan Kutai Kartanegara, maka Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut berencana untuk menaikkan status Pangkalan TNI AL Balikpapan menjadi Komando Daerah Maritim (Kodamar) IKN.

Menurut Kepala Staf TNI AL Laksamana Muhammad Ali, yang disebut sebagai Kodamar itu adalah satuan komando TNI AL yang diperkuat oleh armada kapal perang, artileri pertahanan pantai dan pasukan pendukung tempur dari Korps Marinir setingkat brigade.

Dengan Adanya Kodamar di IKN maka Kalteng Memerlukan Brigif Marinir Juga 2
Korps Marinir perlu juga di Kalteng. (foto/ist)

Saat ini, di Kalimantan terdapat dua Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) yang berkedudukan di Pontianak yaitu Lantamal XII dan yang berkedudukan di Tarakan yaitu Lantamal XIII. Komandan kedua Lantamal ini diduduki oleh seorang perwira tinggi berpangkat Laksamana Pertama.

Sedangkan seiring dengan dibangunnya IKN maka pertahanan dari titik strategis dan vital dari negara itu sudah tentu memerlukan penaikan status dari Lanal Balikpapan menjadi Kodamar IKN. Pokok tugas dari Kodamar ini adalah mengorganisir suatu patroli dan pengamanan laut di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yaitu di Selat Makassar dan pengamanan pantai sepanjang garis pantai sisi timur Kalimantan.

Dengan peningkatan status Lanal Balikpapan menjadi Kodamar, tentu juga diharapkan menaikkan status dari Lanal Banjarmasin menjadi Lantamal dan Pos TNI AL (Posal) Pulang Pisau di Kalteng bisa dinaikkan menjadi Lanal. Posal Pulang Pisau itu terletak di Kecamatan Bahaur saat ini.

Selain itu, kesatuan elit tempur Korps Marinir itu sebagai garda terdepan pertahanan dapat diharapkan bisa menempatkan satu Brigade Infanteri (Brigif) yang berdiri sendiri di wilayah Kalteng ini.

Saat ini keberadaan Brigif 4 Marinir/BS sebagai contoh ditempatkan di Piabung Provinsi Lampung.

BACA JUGA :  WAGUB KALTENG TERIMA BANTUAN PLN KALSELTENG UNTUK MASYARAKAT TERDAMPAK BANJIR

Keberadaan satuan tempur yang siaga seperti Brigif Marinir ini di Kalimantan merupakan suatu kebutuhan yang tak terelakkan oleh karena karakter dan topografi wilayah ini, yang dialiri sungai-sungai dan rawa-rawa, memang sesuai sebagai daerah yang diamankan oleh Korps Baret Ungu ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.