Pencemaran Sampah Plastik Terhadap Lingkungan

oleh -
oleh
Pencemaran Sampah Plastik Terhadap Lingkungan 1
Tanri

Oleh : Tantri ( Mahasiswa Universitas Palangka Raya Fakultas MIPA Program Studi Kimia)

Dayak News РSampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang memberikan ancaman serius terhadap lingkungan karena selain jumlahnya cenderung semakin besar, kantong plastik adalah jenis sampah yang sulit terurai oleh proses alam (non biodegradable) dan merupakan salah satu pencemar xenobiotik (pencemar yang tidak dikenal oleh sistem biologis di lingkungan mengakibatkan senyawa pencemar terakumulasi di alam). Maka menurut studi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di tahun 2018 diperkiran sekitar 0,26 juta-0,59 juta ton plastik ini mengalir ke laut dan limbah plastic di Indonesia mencapai 66 juta ton pertahunnya. Tentu ini bukan sebuah prestasi yang membanggakan bagi negeri ini. Sistem daur ulang sampah plastik juga belum berjalan baik di Indonesia, begitupun dengan kesadaran masyarakatnya untuk tidak membuang sampah sembarangan.Dan masyarakat Indonesia juga banyak yang belum peduli dengan bahayanya sampah plastik dan penggunaan kantong plastik sekali pakai ini.

Dampak Sampah Plastik Terhadap Kesehatan Manusia

Ragam senyawa kimia yang terdapat di dalam sampah plastik tidak hanya berdampak buruk bagi lingkungan, namun juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Beberapa dampak buruk sampah plastik bagi kesehatan.Zat beracun yang terkandung dari limbah plastik atau olahan sampah plastik bisa mengakibatkan disfungsi ginjal dan hati. Di sisi lain, paparan mikroplastik dan logam berat dapat mengakibatkan kerusakan kulit dan memicu beragam gangguan pada tubuh, seperti gangguan pernapasan, masalah pencernaan, gangguan saraf dan kelenjar endokrin, seperti penyakit tiroid.

Dampak Sampah Plastik Bagi Lingkungan Hidup

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sampah plastik baru bisa terurai secara sempurna dengan waktu yang begitu lama sekitar 100 hingga 500 tahun. Dengan sifat plastik yang sulit terurai tersebut dengan kandungan bahan didalamnya ternyata memberikan banyak dampak negatif terhadap ingkungan yaitu:

BACA JUGA :  Cuaca Yang Tidak Pasti, Membuat Polsek Jelai Waspada Karhutla

 Pencemaran air dan tanah

Sampah plastik mengandung racun-racun partikel plastik yang masuk ke dalam tanah yang kemudian membunuh hewan pengurai seperti cacing. Bahan poliklorinasi (polychlorinated biphenyl atau PCB) dan pestisida yang terdapat dalam plastik tidak dapat terurai walaupun dimakan binatang maupun tanaman. Selain itu, sampah plastik bisa mengganggu jalur air sehingga sulit teresap di dalam tanah. Dengan demikian, kesuburan tanah pun terganggu dan sirkulasi udara tidak bisa masuk dengan baik.

Pencemaran Global

Pencemaran global yang disebabkan oleh sampah plastik memiliki dampak langsung dan tidak langsung yang melibatkan lingkungan, ekonomi, dan kesehatan manusia.

Dampak Polusi Udara

Salah satu dampak yang juga membahayakan kesehatan manusia yakni dari aktifitas pembakaran sampah plastik yang kurang baik. Proses pembakaran yang kurang sempurna bisa mengakibatkan kurang terurainya partikel-partikel plastik dengan baik pula sehingga menjadi dioksin di udara.

Mengacaukan Proses Rantai Makanan

Salah satu bahaya sampah plastik bagi lingkungan yakni mengacaukan proses rantai makanan. Tumpukan sampah plastik yang tersebar baik di air dan tanah bisa mempengaruhi organisme baik ukuran besar hingga yang terkecil di dunia seperti plankton. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.