2.565 ORANG NARAPIDANA SE KALTENG DAPAT REMISI KHUSUS HARI RAYA IDUL FITRI 1444 HIJRIAH

oleh -
oleh
2.565 ORANG NARAPIDANA SE KALTENG DAPAT REMISI KHUSUS HARI RAYA IDUL FITRI 1444 HIJRIAH 1
Menyambut Pesta Kemenangan hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Kalimantan Tengah memberikan Remisi Khusus bagi 2.565 orang Warga Binaannya.

Palangka Raya (Dayak News) – Menyambut Pesta Kemenangan hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Kalimantan Tengah memberikan Remisi Khusus bagi 2.565 orang Warga Binaannya di 12 Unit Pelayanan Teknis mulai dari Lembaga Permasyarakatan, Rumah Tahanan Negara, Lapas Perempuan hingga LPKA yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah, Hendra Eka Putra saat ditemui usai Pelaksanaan Sholat Ied dan Pemberian Remisi di Rutan Kelas IIA Palangka Raya mengungkapkan bahwa Pemberian Remisi Khusus ini merupakan Manifestasi Perhatian Negara melalui Kementerian Hukum dan Ham Kepada Narapidana yang saat ini sedang menjalani Hukuman.

Hal ini juga sebagai momentum peningkatan Perbaikan diri bagi tahanan atau narapidana yang sedang menjalani pembinaan untuk menghindari perbuatan melanggar hukum dan mempercepat proses reintergrasi sosial sehingga mereka bisa segera kembali berinteraksi dan bersosialisasi dalam kehidupan diluar Tempat Pembinaan.

“Alhamdulilah, Inilah sebuah Penghargaan terhadap saudara-saudara kita atas proses perbaikan diri dan upaya kembali menjadi anggota masyarakat yang lebih berguna selama menjalani proses Pembinaan di Lapas, Lapas Perempuan, Rutan hingga LPKA.” Ungkap Hendra, Sabtu (22/04/2023) Pagi.

Dikatakannya lanjut, pemberian Remisi Khusus hari raya ini pun tidak semua Tahanan dan Narapidana yang merasakannya, dari data aplikasi sistem database Permasyarakatan pertanggal 19 April 2023 ada sekitar 4.756 orang tahanan dan narapida diseluruh kalteng dan sebagian diantaranya tidak mendapatkan Remisi Khusus karena beberapa faktor dan kriteria.

Sementara itu, Pada Pemberian Remisi Khusus ini, Kementerian Hukum dan HAM membagi Remisi Khusus menjadi 2 bagian yakni RK 1 dimana adanya Pengurangan masa Tahanan dari 15 hari hingga 2 bulan dengan total 2.539 Orang, sedangkan RK 2 atau Remisi langsung Bebas diberikan kepada 26 orang dimana diantaranya 9 orang merupakan Narapidana Anak dari Lapas Khusus anak atau LPKA dan 1 orang dari Lapas Perempuan Palangka Raya.

BACA JUGA :  GERAM JILID IV MAHASISWA KECEWA GUBERNUR KALTENG TIDAK ADA DI TEMPAT

“Bagi hari ini yang mendapatkan remisi khusus pengurangan masa tahanan dan juga Remisi Khusus Langsung bebas saya ucapkan selamat dan saya berharap apa yang sudah ditempa dan diajarkan selama menjalani pembinaan di Lapas, Lapas Perempuan, Rutan, dan LPKA bisa diimplementasikan dan bisa mengubah diri menjadi manusia yang lebih baik lagi.” Pungkasnya. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.