EL NINO JADI ANCAMAN KEMARAU

oleh -22 views

PALANGKA RAYA, 30/4/19 (Dayak News). Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berkomitmen melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karuhtla) untuk mencegah terjadinya kabut asap seperti pada tahun 2015 lalu.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tjilik Riwut, Palangka Raya mengatakan pada tahun ini ancaman El Nino akan berdampak lebih besar jika dibandingkan pada tahun 2018.

El Nino merupakan kondisi dimana cuaca menjadi lebih kering dari keadaan normal, karena berkurangnya curah hujan.

Maka dari itu diperlukan koordinasi dan sinergitas antara pemerintah untuk mewujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap.

Fahrizal fitri dalam sambutannya meminta agar pemerintah kabupaten/kota dapat melaksanakan arahan mengenai pencegahan dan penanggulangan karhutla.

“Saya mengingatkan kabupaten dan kota agar dalam penetapan status siaga darurat bencana karhutla tidak sembarangan, karena harus memulai rapat koordinasi dengan perangkat terkait di pemerintahan,” ujarnya.

Fahrizal juga menambahkan bahwa peringatan dini harus diperhatikan, terutama peringatan mengenai potensi peningkatan elnino.

Selain itu, deteksi dini perlu dilakukan dengan cara mengefektifkan patroli, sosialisasi dan berbagai langkah pencegahan, salah satunya​ mendirikan posko lapangan di wilayah yang dianggap rawan karhutla.

Upaya pencegahan ini tidak hanya mengharapkan peran pemerintah, maka dari itu peran tokoh masyarakat, tokoh adat, relawan hingga organisasi masyarakat sangat dituntut dan upaya pencegahan dan pemadaman dini.

“Komitmen 2019 bebas kabut asap harus dilakukan melalui koordinasi dan pengawasan yang kuat. Maka dari itu, peran kabupaten dan kota ditekankan,” pungkasnya. (Dayak News/nic/BBU).

BACA JUGA :  DUKA SELIMUTI DINAS KEHUTANAN KALTENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *