INILAH GSP DIBANGUN DI TIGA TAHUN KEPEMIMPINAN SUHIB

oleh -39 views

Palangka Raya, 24/5/19 (Dayak News). Dalam tiga tahun kepemimpinan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto – Habib (Suhib) terlihat makin memperkokoh memantapkan pembangunan di bidang infrasruktur teknologi informasi dengan pembangunan Gedung Smart Province (GSP) di Jalan Tjilik Riwut KM. 3,5 Palangka Raya.

Sebagian ruangan di dalam gedung yang nantinya diperuntukan sebagai gedung baru Dinas Kominfo Prov. Kalteng, saat ini sudah difungsikan untuk Command Center dan Data Center yang digunakan untuk penyimpanan data, monitoring atau melihat perkembangan kinerja OPD melalui aplikasi dashboard pembangunan Kalteng, pemantauan bank data Kalteng, 102 CCTV terpusat yang terpasang di beberapa wilayah se Kalteng.

Hal semacam ini menurut sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Transparansi merupakan tanggung jawab keterbukaan publik yang dapat dengan mudah diakses, dianalisis, diteliti, dan menjadi upaya mencegah dan diawasi oleh masyarakat secara langsung jika adanya penyimpangan. Bagi pemerintah sendiri ini upaya efektif mencegah karna dia menyadari segala gerak dan tingkah lakunya diawasi, diliat langsung oleh masyarakat.

GSP selain berfungsi sebagai pusat data dapat juga berfungsi sebagai pusat riset TIK dan Pelatihan.

“Nantinya tidak hanya operator yang melakukan pemantauan disini, suatu saat secara periodik, seluruh kepala OPD atau Pimpinan Daerah bisa melakukan pemantauan kondisi situasional di Kabupaten/Kota” ucap Sekda Kalteng Fahrizal Fitri dalam kunjungan perdananya ke GSP.

GSP dengan berbagai sarana digital didalamnya merupakan langkah awal mewujudkan Kalteng Smart Province, suatu kondisi dimana pemerintah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat berbasis digital, sehingga program menjadi lebih efisien dan transparan dalam berbagai bidang.

“Aplikasi pemerintah yang sudah dan sedang dibangun Pemprov. Kalteng akan menjadi satu di gedung ini, proses ini akan makin mengefisiensi layanan informasi pemerintah sekaligus pusat data dan kontroling pemerintah daerah berbasis digital”, ucap kepala Dinas Kominfo, Ir. Herson B. Aden.(Dayak News/Adv/Den/BBU).

BACA JUGA :  LKPJ 2018 KAPUAS DISERAHKAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *