ANTISIPASI LONJAKAN ARUS BALIK, PEMKO DAN SATGAS COVID-19 KOLABORASI CEGAH PENYEBARAN COVID-19 PASCA LEBARAN

oleh -8 views
ANTISIPASI LONJAKAN ARUS BALIK, PEMKO DAN SATGAS COVID-19 KOLABORASI CEGAH PENYEBARAN COVID-19 PASCA LEBARAN 1

Palangka Raya (Dayak News) – Lebaran Idul fitri 1442 Hijriah Tahun 2021 telah berakhir Namun pasca libur lebaran, dikhawatirkan masih ada warga yang nekat mudik dan masuk ke Kalteng termasuk ke Kota Palangka Raya, meskipun hal tersebut telah dilarang.

Menyikapi akan hal tersebut Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mengatakan, Pemerintah Kota Palangka Raya bersama Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya, telah mempersiapkan langkah antisipasi terkait perjalanan warga pendatang pada arus balik Idul fitri 2021 ke Kota Palangka Raya.

“Langkah itu diantaranya bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalteng, aparat penegak hukum serta melibatkan partisipasi masyarakat melalui satgas covid-19 tingkat Kecamatan dan Kelurahan,”ungkapnya.

Menurut Hera, masih berjalannya pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro di Palangka Raya, akan dimaksimalkan guna melakukan antisipasi peningkatan mobilitas warga setelah Idul fitri.

“Ketua RT/RW kami minta melakukan pengawasan terhadap warganya. Apabila ada pendatang maka diberlakukan wajib lapor kepada ketua RT 1×24 jam, sehingga mudah dilakukan pengawasan terhadap warga tersebut,”tegasnya.

Sementara itu disisi lain, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya tetap konsisten menjalankan regulasi tentang penanganan covid-19 Baik mengacu peraturan menteri perhubungan, peraturan walikota, surat edaran menteri, gubernur dan seluruh regulasi lainnya.

Selain itu, tim Satgas juga terus memastikan penerapan protokol kesehatan dan pengecekan kesehatan secara detail kepada para penumpang dan pengguna seluruh moda transportasi (udara dan darat), yang masuk di wilayah Kota Palangka Raya.

“Kami juga sudah menjalin koordinasi berkesinambungan dengan PT. Angkasa Pura, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVI, Unit Penyelenggara Bandar Udara se-Kalteng, Kantor Kesyahbandaran dan pihak terminal bus di wilayah Kota Palangka Raya,”sebut Hera.

Tidak kalah pentingnya tambah Hera, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya, telah mempersiapkan Tim Medis dan Tim Tracing atau Tracking apabila terdapat hal-hal yang mengarah kepada lonjakan kasus covid-19 yang berasal dari warga pendatang atau dari luar daerah pasca Idul fitri. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.