BATUBARA MASIH DOMINASI EKSPOR KALTENG

oleh -
oleh
BATUBARA MASIH DOMINASI EKSPOR KALTENG 1

Palangka Raya, 30/3/19. Dayak News. Komoditi batubara masih mendominasi ekspor dari Propinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Guberbur Kalteng H.Sugianto Sabran melalui Kepala Biro Ekonomi Sekretariat Daerah Procinsi Kalteng Lubis Rada Inin.Selain barubara yang masih mendominasi ekspor Kalteng juga CPO.
Dikatakan, kedua komoditas ini masih menjadi primadona namun sayangnya komoditas yang berasal dari sumber daya alam (SDA) ini dapat terpengaruh naik turunya harga pasaran global.
Untuk itu, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi, Kalteng harus mulai menyiapkan sumber pertumbuhan ekonomi baru yang tidak terpengaruh oleh naik turunnya nilai jual di pasar global.
Hal tersebut disampaikan pada acara Diseminasi Kajian Ekonomi Keuangan Regional Kalteng oleh Bank Indonesia Perwakilan Kalteng, di Palangka Raya (27/3/19).
Pihaknya menyarankan agar Kalteng mengembangkan sektor pariwisata, yang nilainya mampu menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru.
Lubis Rada Inin, mengatakan pertumbuhan ekonomi Kalteng sudah cukup baik. Terkait usulan agar ke depan lebih dikembangkan sektor non Sumber Daya Alam seperti pariwisata, UMKM dan ekonomi syariah disambut baik oleh Pemprov Kalteng.
“Saya kira ini hasil kajian yang bagus itu akan menjadi pedoman juga bagi Pemprov dan kabupaten kota tentunya. Ketika ke depan menyusun perencanaan, program kerja dan kegiatan melihat sektor-sektor ini yang punya peluang.
Dikatakan sektor pariwisata harus digenjot untuk meningkatkan perekonomian di Kalteng. Bahkan beberapa upaya telah dilakukan Pemerintah Provinsi untuk mengembangkan kepariwisataan.
Menurut Lubus, kekayaan SDA Kalteng juga tetap harus dimanfaatkan tapi tidak dengan melakukan eksploitasi. Prinsip-prinsip kearifan lokal harus dikedepankan dalam mengelola kekayaan alam yang dimiliki.
Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kalteng, Guntur Talajan , yang pada kegiatan ini memberikan paparan mengenai potensi wisata Kalteng mengungkapkan untuk menyokong pertumbuhan ekonomi dan perolehan devisa negara dan daerah, Kalteng memfokuskan tiga (3) destinasti wisata.
Ketiga destinasti wisata andalan Kalteng itu masing-masing Taman Nasional Tanjung Puting di Kobar, Taman Nasional Sebangau di Palangka Raya, dan Gosong Senggora di Kobar, serta Gosong Ujung Pandaran di Kotim. (Dayak News/nic/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.