CALON TARUNA AKPOL ASAL POLDA KALTENG IKUTI SELEKSI CAT PSIKOLOGI

oleh -
oleh
CALON TARUNA AKPOL ASAL POLDA KALTENG IKUTI SELEKSI CAT PSIKOLOGI 1
Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah melaksanakan Computer Assisted Test atau CAT Psikologi bagi Taruna dan Taruni Akademi Kepolisian Gelombang 2 Tahun Anggaran 2023.

Palangka Raya (Dayak News) – Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah melaksanakan Computer Assisted Test atau CAT Psikologi bagi Taruna dan Taruni Akademi Kepolisian Gelombang 2 Tahun Anggaran 2023.

Bertempat di SMK Negeri 2 Palangkaraya, Jalan RA Kartini pada Jumat (12/05/2023) pagi sejumlah peserta dengan antusias mengikuti seleksi tersebut dan mengeluarkan kemampuan yang dimilikinya.

Dalam CAT Psikologi kalo ini, peserta yang mengikuti test ini memasuki tahapan lanjutan yang berjumlah 50 orang dengan rincian 48 peserta laki-laki dan 2 peserta perempuan.

Kabagpsikologi Biro SDM Polda Kalteng, Kompol Jarot Budi Purnomo mengatakan bahwa pada kegiatan saat ini para peserta mengikuti CAT Psikologi calon Taruna dan Taruni Akpol.

“Para peserta yang mengikuti CAT Psikologi sebanyak 50 peserta yang telah lolos pemeriksaan kesehatan,” terangnya.

Ada pun rangkaiannya kegiatan sebelum melaksanakan CAT adalah pembagian kelompok untuk kemudian diundi menjadi dua laboratorium komputer. Sebelum memasuki ruangan laboratorium komputer, para peserta kami lakukan pemeriksaan badan agar tidak ada alat pembantu yang menempel.

Setelah pemeriksaan badan, para peserta baru diperbolehkan masuk ke dalam ruangan ujian CAT Psikologi dan tidak hanya sampai di situ, para peserta kemudian diundi kembali tempat duduknya agar tidak bersebelahan dengan teman yang dikenal.

Hal tersebut merupakan proses ketat dan menjunjung tinggi prinsip bersih, transparan, akuntabel, dan humanis atau BETAH selama proses Penerimaan Polri yang sudah dikomitmenkan Kapolda Kalimantan Tengah, Irjen Pol Nanang Avianto.

“Kegiatan hari ini dipandu secara langsung oleh personel Biro Psikologi SDM Polri, untuk mendapatkan para calon Taruna dan Taruni terbaik yang akan membawa nama harum Polda Kalimantan Tengah nantinya,” terang Kompol Jarot.

BACA JUGA :  CANDU LEMFOX, 2 ABG DIAMANKAN RAIMAS BACKBONE

Jarot pun melanjutkan ujian CAT Psikologi dilaksanakan hanya satu hari, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan ujian.

“Setelah selesai mengerjakan ujian CAT Psikologi, peserta langsung dapat melihat hasil dari tes tersebut,” ujar Kabagpsi.

“Para peserta yang memenuhi syarat atau dinyatakan lulus CAT Psikologi apabila nilainya pada angka 61 ke atas,” tambahnya.

Sedangkan para peserta Taruna dan Taruni Akpol yang nilainya di bawah 61, maka dinyatakan tidak lolos ujian CAT Psikologi. Dan Setelah nilai keluar, para calon Taruna dan Taruni harus siap, begitulah prinsip BETAH, sehingga tidak ada yang bisa membantu kecuali diri sendiri.

Setelah CAT Psikologi dan dinyatakan lulus para calon anggota Polri akan mengikuti tes akademik, pemeriksaan kesehatan tahap kedua, dan tes jasmani.

“Setelah lolos pada tahapan tesebut, calon anggota Polri akan mengikuti tes Pemeriksaan Mental dan Kepribadian serta Psikologi tahap 2, serta terakhir pengumuman kelulusan,” tutup Kompol Jarot Budi Purnomo. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.