CEGAH KARHUTLA SEJAK DINI MASYARAKAT DIMINTA BERPERAN AKTIF

oleh -5 views
CEGAH KARHUTLA SEJAK DINI MASYARAKAT DIMINTA BERPERAN AKTIF 1

Palangka Raya (Dayak News). Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Gloriana Aden mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam melakukan pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan.

“Penting hal ini diingatkan, karena sudah ada beberapa kali hutan lahan gambut di wilayah Kota Palangka Raya yang terbakar,”ungkap Gloriana.

Beberapa waktu lalu beber dia, telah terjadi kebakaran lahan dengan luas sekitar empat hektare di daerah Kelurahan Bukit Tunggal, Beruntungnya kondisi sudah bisa tertangani.

“Maka itu kami mengajak. semua pihak dan juga masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi karhutla sejak dini,”tambah Gloriana.

Disebutkan, kebakaran lahan gambut di wilayah Kota Palangka Raya sepanjang tahun 2021 telah terjadi beberapa kali. Namun dengan luasan yang relatif kecil dan semuanya telah dapat dilakukan pemadaman.

“Setidaknya kurang dari sepuluh kejadian kebakaran lahan gambut yang terjadi. Kita berharap hal ini bisa terus dicegah mengingat pemadaman lahan gambut cukup sulit dilakukan,”tukas Gloriana.

Sementara terlepas dari itu sambung dia, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya bersama instansi terkait juga telah melakukan gelar pasukan dan peralatan dalam penanganan karhutla 2021 dan Sudah ada tim yang tergabung dalam satgas yang siap melakukan penangganan karhutla, Namun peran aktif masyarakat tetaplah diharapkan untuk mencegah sejak dini karhutla dengan edukasi yang lebih mendekatkan kemasyarakat. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *