CEGAH PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR, INI TIPS JITUNYA PASTI EFEKTIF!!

oleh -
CEGAH PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR, INI TIPS JITUNYA PASTI EFEKTIF!! 1

Palangka Raya (Dayak News) – Kasus Tindak Pidana kriminalitas yang terjadi di Indonesia bisa dibilang cukuplah tinggi terutama di kota-kota besar seperti DKI Jakarta Tidak terkecuali Kota Palangka Raya pun semakin marak dan meningkat.

Mengingat dengan banyaknya jumlah penduduk pada kota Palangka Raya dan tidak seluruh warganya mendapatkan pekerjaan, hal inilah yang kemudian memicu terjadinya tindak kriminal.

Salah satu tindak kriminal yang paling sering terjadi adalah kasus pencurian kendaraan bermotor dan Kerap kali ditemukan pada lahan parkiran yang terbuka, seorang pemilik kendaraan kehilangan motornya ataupun kendaraan motor yang terparkir dihalaman rumah atau barak serta para pelaku pencurian ini juga biasa melancarkan aksinya ketika para pengendara lengah. Misalnya saat menghentikan motor di pinggir jalan tanpa mencabut kuncinya.

Nah, untuk menghindari hal atau risiko tersebut redaksi Dayaknews.com akan memberikan Anda informasi mengenai cara efektif untuk mencegah terjadinya pencurian motor. Apa saja itu?

  1. Kunci stang ke arah kanan.
    Para pemilik kendaraan lebih sering mengunci stang motornya ke arah kiri dibandingkan ke arah kanan. Padahal mengunci stang motor ke arah kanan terbukti jauh lebih aman. Hal ini dikarenakan ruang gerak untuk membobol kontak motor dengan kunci T akan lebih terbatas dan tidak leluasa. Sehingga, para pelaku pencurian akan membutuhkan waktu lama untuk membobolnya.
  2. Hindari meninggalkan motor di pinggir jalan dengan kunci masih tergantung.
    Ada kalanya saat berkendara Anda harus menepi terlebih dahulu karena ingin buang air ataupun mampir ke sebuah warung. Nah, meletakkan motor di tepi jalanan yang terbuka sangat rawan terjadi pencurian. Untuk itu, usahakan untuk menghindari meninggalkan motor Anda di pinggir jalan tanpa sepengawasan Anda.
BACA JUGA :  DISOSIALISASIKAN PEDOMAN PENYUSUNAN APBD 2021

Jika Anda berkendara dengan teman, tentu akan jauh lebih mudah dengan menitipkan kendaraan Anda pada teman tersebut. Namun jika Anda berkendara sendiri dan ingin buang air kecil, lebih baik tahan sebentar dan carilah spot yang lebih aman seperti pom bensin terdekat.

  1. Pasang pengaman tambahan.
    Anda juga bisa menggunakan pengaman tambahan seperti gembok cakram. Dengan demikian para pelaku pencurian akan mengalami kesulitan untuk membawa pergi kendaraan Anda. Aksesoris tambahan yang satu ini bisa Anda dapatkan di toko-toko otomotif ataupun dengan membelinya secara online. Dengan menambahkan perangkat eksternal ini, dijamin kendaraan Anda akan terhindar dari aksi pencurian dan dipastikan aman.
  2. Gunakan alarm
    Beberapa motor keluaran terbaru dibekali dengan fitur alarm. Nah, jika kendaraan yang Anda miliki tidak memiliki fitur yang satu ini. Tak perlu khawatir karena Anda bisa menambahkannya sendiri dengan membeli alarm motor di pasaran.

Jika Anda tidak bisa memasangnya, bisa dengan meminta bantuan dari mekanik bengkel. Anda pun tinggal menerima beresnya saja dan motor Anda sudah memiliki perangkat keamanan yang canggih.

Nah, itulah tadi beberapa cara efektif untuk mencegah terjadinya pencurian motor yang bisa Anda lakukan. Penting untuk diperhatikan bahwa jangan sampai Anda ceroboh meletakkan motor sembarangan atau memarkirkannya di tempat yang tanpa pengawasan.

Jika Anda pergi ke mall, sebaiknya taruh kendaraan Anda di lahan parkir yang ada di dalam. Karena terbukti jauh lebih aman meskipun biaya parkir yang dikenakan jauh lebih tinggi. Bukankah lebih baik mengeluarkan sedikit uang ekstra dibandingkan harus kehilangan kendaraan kesayangan kita? Selamat mencoba! (NET/AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.