DIALOG SMSI DAN UMPR, KARAKTER PEMUDA TETAP DIPERLUKAN SAMPAI KAPAN PUN

oleh -
oleh
DIALOG SMSI DAN UMPR, KARAKTER PEMUDA TETAP DIPERLUKAN SAMPAI KAPAN PUN 1

Palangka Raya, (Dayak News) – Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan dialog pemuda dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 di Aula Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PMW)) Jalan RYA Milono Km 1 Palangka Raya.

Dalam dialog itu menghadirkan Tokoh Pemuda Bumi Tambun Bungai H. Heru Hidayat, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kalimantan Tengah, Rahmat Handoko, SH dan Akademisi dari IAIN Palangka Raya, Hj Try Hidayati, S.HI, MH serta moderator wartawan Utama Akhirudin.

Pada kesempatan tersebut, Heru menyampaikan secara lugas mengenai pentingnya Karakter bagi Pemuda. Pemuda yang tangguh adalah pemuda dan memiliki karakter moral dan karakter perjuangan/kinerja, serta beriman maupun bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

DIALOG SMSI DAN UMPR, KARAKTER PEMUDA TETAP DIPERLUKAN SAMPAI KAPAN PUN 2

Dia juga mengatakan bahwa sebagai seorang Pemuda harus punya tujuan akhir yang jelas, dan jadwal yang jelas untuk mencapai tujuan tersebut sehingga tujuan yang kita inginkan dapat tercapai.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021 bertujuan memacu semangat pemuda khususnya di Kalimantan Tengah untuk memiliki tujuan, visi, misi, roadmap, kebiasaan harian berinovasi dan berkreasi dalam menghadapi persaingan dunia.

Memiliki karakter pemuda ber-Pancasila, yaitu menjadi pemuda yang taat kepada Tuhan YME, memberi manfaat sesama, mengutamakan persatuan, bermusyawarah, dialog dan mewujudkan keadilan sosial.

Rahmat Handoko, SH mengajak para Pemuda untuk lebih bijaksana dalam bermedia sosial sehingga tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. “Sebelum memposting ke media sosial kita harus berahati-hati jadi dicek dulu apakah merugikan orang lain atau merugikan diri sendiri serta tidak melanggar hukum,”kata Ketua KNPI ini.

Sementara itu Akademisi dari IAIN Palangka Raya, Hj Try Hidayati, S.HI, MH berharap banyak organisasi atau kalangan yang dapat menyediakan bantuan hukum kepada masyarakat.

DIALOG SMSI DAN UMPR, KARAKTER PEMUDA TETAP DIPERLUKAN SAMPAI KAPAN PUN 3

Rektor UMPR DR H Sonedi dalam sambutannya antara lain mengatakan pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya hal yang baik dan bermanfaat. Pemuda memiliki peran saat ini maupun yang akan datang.

Selain itu Pemuda mampu menghargai dan melanjutkan keluhuran perjuangan para pahlawan dan pendiri Bangsa. Pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras, dan budaya menuju persatuan dan kesatuan bangsa.

Tugas pemuda Indonesia saat ini adalah membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi. menyongsong masa depan dunia yang lebih baik ujar penulis buku ini.(sut/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.