FAKTOR KESENGAJAAN JADI PENYEBAB UTAMA KARHUTLA DIKOTA PALANGKA RAYA, HERI FAUZI : KITA TEMUKAN BUKTI LAPANGAN

oleh -
oleh
FAKTOR KESENGAJAAN JADI PENYEBAB UTAMA KARHUTLA DIKOTA PALANGKA RAYA, HERI FAUZI : KITA TEMUKAN BUKTI LAPANGAN 1
Kebakaran lahan di kota Palangka Raya.

Palangka Raya (Dayak News) – Kebakaran Hutan dan Lahan yang semakin menjadi-jadi dikota Palangka Raya dalam beberapa bulan belakangan ini, ternyata dipengaruhi oleh Faktor Kesengajaan sebagai utamanya.

Hal tersebut diungkapkan Kalaksa BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani melalui Kabid I Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Heri Fauzi saat dijumpai awak media di ruang kerjanya, Selasa (06/06/2023) Siang.

Menurut hasil lapangan, kebakaran Hutan dan Lahan diwilayah kota Palangka Raya sendiri diduga kuat dipengaruhi oleh faktor kesengajaan dari oknum yang punya kepentingan tersendiri.

“Jadi dari data lapangan dan juga yang terlihat kasat mata dilapangan, kebakaran hutan dan lahan diwilayah kota Palangka Raya murni karena kesengajaan atau kita tegaskan karena dibakar bukan karena faktor alam.” Jelasnya.

FAKTOR KESENGAJAAN JADI PENYEBAB UTAMA KARHUTLA DIKOTA PALANGKA RAYA, HERI FAUZI : KITA TEMUKAN BUKTI LAPANGAN 2

Adapun bukti-bukti yang didapat dilapangan, Menurut Heri Fauzi terlihat dari adanya pembersihan lahan dan rerumputan yang kering ditumpuk seperti membuat bukit lalu dibakar tanpa dijaga sehingga akhirnya membesar dan merembet ke lahan lainnya.

“pemandangan tersebut terjadi dan bisa kita lihat saat kebakaran lahan gambut dijalan Tjilik Riwut KM 13 hingga KM 14 dimana lahan sudah dalam kondisi bersih dan juga rumput-rumput dari sisa pembersihan ditumpuk dan dibakar setelah kering.” Ungkap Heri Fauzi.

Kemudian, bukti lainnya dimana tim gabungan saat pemadaman Karhutla berhasil mengamankan seorang pria yang diduga akan melakukan Pembakaran Lahan, dan setelah tertangkap tangan orang tersebut diserahkan kepada pihak Kepolisian untuk proses penyelidikan dan penyidikan.

Sementara itu, BPBD Kota Palangka Raya melalui tim reaksi cepatnya terus melakukan Patroli Rutin ditempat-tempat yang dianggap bahaya dan rawan Karhutla apalagi disaat ini, suhu cuaca kota Palangka Raya sedang berada di level Sangat panas terik, sehingga suatu saat dan suatu waktu dipastikan karhutla akan mengintai dan berpengaruh dengan munculnya titik baru karhutla. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.