GUBERNUR KALTENG AJAK PERAN MASYARAKAT PERANGI COVID-19

oleh -20 views
GUBERNUR KALTENG AJAK PERAN MASYARAKAT PERANGI COVID-19 1

Palangka Raya, 22/6/2020 (Dayak News). Gubernur H. Sugianto Sabran menggelar acara Silaturahmi dalam rangka Penanganan Penyebaran Covid-19 dan Sosialisasi Pengembangan Food Estate di Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), yang diselenggarakan di Aula Jayang Tingang, Lantai II Kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya, Senin (22/6/2020).

Acara silaturahmi ini digelar dalam rangka untuk bertukar pendapat serta menerima masukan terkait penanganan Covid-19 dan Pengembangan Food Estate di Kalimantan Tengah.

Saat memberikan arahan, Gubernur Sugianto Sabran menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 telah melanda hampir ke semua negara dan berdampak ke semua sektor kehidupan. “Dampak dari Covid-19 atau yang dikenal dengan Virus Corona ini ke semuanya, baik dampak sosial, dampak ekonomi, (maupun) dampak kesehatan masyarakat. Ini (Covid-19) dampaknya luar biasa,” kata Gubernur Sugianto Sabran.

Gubernur Sugianto pun menegaskan, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mencegah dan menangani Covid-19 beserta segala dampaknya, mulai dari penyiapan anggaran, pembagian masker, penyiapan bantuan sosial Sembako dan uang tunai, penyiapan ruang karantina darurat, pembelian berbagai peralatan medis, pelaksanaann rapid test massal, peningkatan sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 di berbagai media cetak dan elektronik, hingga pembentukan pos pengawasan yang melibatkan unsur TNI-Polri, Satpol PP, tenaga kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19.

Meski demikian, Gubernur Sugianto Sabran tegas mengingatkan, segala upaya Pemerintah mengatasi Covid-19 di Kalimantan Tengah hanya akan dapat berhasil apabila ada dukungan dan kesadaran seluruh masyarakat untuk disiplin mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Terlebih lagi, dalam beberapa pekan terakhir terjadi kenaikan kasus Covid-19 Kalimantan Tengah, khususnya di 3 wilayah, yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Kotawaringin Barat.

GUBERNUR KALTENG AJAK PERAN MASYARAKAT PERANGI COVID-19 2

“Protokol kesehatan harus dipatuhi dalam kehidupan bermasyarakat dan kehidupan sehari-hari. Tanpa disiplin Bapak Ibu, yang kena bukan hanya dia atau keluarganya namun juga berdampak pada orang lain”, kata Gubernur.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sugianto Sabran pun mengajak seluruh elemen masyarakat Kalimantan Tengah untuk mendukung terwujudnya program pengembangan Food Estate, yang nantinya pasti akan dapat memberikan dampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan tentu saja kemajuan Kalteng.

“Proyek nasional ini (food estate) kedepan sangat bermanfaat bagi daerah kita, akan banyak lowongan kerja yang dapat terserap dan tentunya ketahanan pangan Kalteng dapat terpenuhi dengan baik,” ungkap Gubernur.

Tampak hadir pada acara tersebut, antara lain Anggota Komisi III DPR RI Daerah Pemiliha Kalimantan Tengah Agustiar Sabran, Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri, Wakapolda Brigjen Pol. Indro Wiyono, Ketua Pengadilan Tinggi Agama (KPTA) H. Samparaja, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Marang, Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Brigjen Pol. Slamet Urip Widodo, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov./Instansi terkait.

Turut pula diundang dalam kegiatan yang dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 ini, di antaranya sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, Pimpinan Perguruan Tinggi, akademisi, organisasi kemasyarakatan, paguyuban, organisasi kepemudaan, dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). (Pr/Hms/Den.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *