GUNAKAN 2 SKEMA, UMPR TURUNKAN 377 MAHASISWA PADA KKN KE-48

oleh -
oleh
GUNAKAN 2 SKEMA, UMPR TURUNKAN 377 MAHASISWA PADA KKN KE-48 1
: Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd secara resmi membuka KKN ke-48 skema AUM pada Kamis (6/10).

Palangka Raya (Dayak News) – Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) menerjunkan 377 mahasiswa, untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-48. Pembukaan dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Dr. Sonedi, M.Pd. dalam acara Pembukaan KKN ke-48 UMPR Semester Ganjil Tahun Akademik 2022-2023. Pembukaan ini berlangsung secara semi daring, Kamis (6/10). Selain Rektor, para pejabat yang Turut hadir adalah Wakil Rektor 1, Dr. Hj. Laksminarti, S.H., M.H., Dekan, Kaprodi, Dosen Pembimbing Lapangan, beserta para Personil LP2M.

Pada KKN ke-48 tahun 2022 ini, UMPR menyebar peserta KKN di beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Ketua Panitia KKN ke-48, Endang Sri Suyati, M.Pd. menjelaskan, KKN pada periode ini menggunakan 2 Skema yaitu Skema Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan Etnografi. “Kegiatan KKN ke-48 ini secara resmi sudah dibuka oleh Rektor UMPR dan setelah pembukaan ini setiap Dosen Pembimbing Lapangan akan melakukan pengantaran mahasiswa KKN ke masing-masing lokasi,” ujar Endang Sri Suyati, M.Pd. selepas acara Pembukaan pada Kamis (6/10).

Lebih lanjut Endang Sri Suyati, M.Pd. menyebutkan bahwa pada KKN ke-48 ini pembukaannya dibagi menjadi 2 tahap. “Pada KKN skema AUM pembukaannya dilakukan pada Kamis (6/10) sedangkan pada Skema Etnografi pembukaannya akan dilakukan pada Kamis (20/10),”tambah Ketua Panitia KKN ke-48 ini.

Kepala LP2M UMPR Dr. Nurul Hikmah Kartini, S.Si., M.Pd. mengemukakan bahwa pada KKN kali ini 377 mahasiswa peserta KKN dibagi menjadi 33 kelompok. “Pada KKN kali ini kami melibatkan 33 Dosen. 33 Kelompok ini tersebar ke 4 lokasi pada skema AUM dan 9 lokasi pada skema Etnografi. Untuk skema AUM lokasi yang digunakan antara lain Kampus 2 UMPR, TK ABA, Kampus Kasongan, dan Kampus Pulang Pisau. Sedangkan lokasi untuk skema Etnografi meliputi KHDTK Mungku Baru, Bereng Bengkel, Danau Tundai, Tahai Jaya, Talio Muara, Kanamit Barat, Bahaur, Danau Pantau, dan Domisili,” sahut Kepala LP2M ini.

BACA JUGA :  SAMBUT MILAD KE-34, UMPR GELAR VAKSINASI DOSIS KEDUA

 Dihadapan para peserta yang hadir, Dr. Nurul Hikmah Kartini, S.Si., M.Pd mengatakan bahwa pada KKN ke-48 ini kegiatannya dibagi menjadi kegiatan fisik, non-fisik, hingga pengelolaan lingkungan hidup. Pada kegiatan non fisik para peserta KKN dapat terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan pelatihan, penyuluhan, hingga pemberian sembako,” sambung Dr. Nurul Hikmah Kartini, S.Si., M.Pd. pada Kamis (6/10).

Sementara Rektor UMPR, Dr. Sonedi M.Pd dalam sambutan pembukaan KKN ke-48, menyampaikan motivasi kepada peserta agar menjaga nama baik almamater, tetap semangat menunjukan kreativitas, serta dapat memberikan sumbangsih kepada Masyarakat Kalimantan Tengah.

“Sekian semester menimba ilmu di kampus, inilah saatnya mengimplementasikan dan mengamalkan apa yang dipelajari selama di kampus. Kehidupan kampus mungkin tidak begitu kompleks dengan yang kita hadapi sehari-hari, sehingga adaptasi dengan lingkungan dan hal baru harus kita lakukan. Mari kita belajar dari kehidupan sebenarnya karena pendidikan yang sebenarnya adalah di masyarakat,” tegas Dr. Sonedi, M.Pd, Kamis (6/10)

Dengan tersebarnya peserta KKN di berbagai penjuru Kalimantan Tengah, adalah kesempatan berharga untuk mengenalkan kampus yang memiliki tagline Unggul dan Berkarakter ini ke masyarakat luas. Selain itu, bagi peserta juga dapat berkontribusi terhadap masalah yang terjadi di masyarakat hingga mengajak masyarakat untuk mengembangkan potensi di lingkungannya.

Lebih lanjut, Dr. Sonedi, M.Pd menjelaskan bahwa pada KKN kali ini para peserta KKN diharapkan dapat melakukan pengabdian terhadap Institusi dan Lembaga karena para Peserta KKN yang pembagian kelompoknya berada di Kota Palangka Raya khususnya yang dipusatkan kegiatan Fisiknya di Area Kampus 2 UMPR.

Dalam pembukaan KKN-48 ini, Rektor UMPR secara simbolik melakukan Pemasangan Atribut KKN-48 kepada 2 Perwakilan Mahasiswa. Seusai pembukaan, para Peserta kemudian diberikan materi diantaranya Materi Kerja Lapangan Fisik (Noviyanthy Handayani, M.T.), Materi Kerja Lapangan Non Fisik (M Tri Ramdhani, M.Pd.I), Materi Pengelolaan Lingkungan Hidup (Dr. Saijo, S.P., M.P.), Materi Teknis Pembuatan Video (Ade S Permadi, M.Pd.), dan Materi Panduan KKN (Endang Sri Suyati, M.Pd.). (ard/ade/sut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.