Harga komoditas Ikan Sungai di Kota Palangka Raya alami Peningkatan. Indriarti Ritadewi : Pengaruh dari Faktor Cuaca!!

oleh -
Harga komoditas Ikan Sungai di Kota Palangka Raya alami Peningkatan. Indriarti Ritadewi : Pengaruh dari Faktor Cuaca!! 1

Palangka Raya (Dayak News) – Harga sejumlah komoditas ikan sungai di sejumlah pasar tradisional dan modern di Kota Palangka Raya mengalami kenaikan yang cukup Signifikan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Dari hasil pemantauan yang dilakukan Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, terjadi kenaikan harga signifikan pada beberapa jenis ikan, sementara beberapa jenis lainnya mengalami penurunan harga atau dibawah harga jual seperti biasanya.

Di Pasar Kahayan misalnya, harga ikan jelawat melonjak dari Rp90 ribu menjadi Rp100 ribu per kilogram. Begitu pula dengan harga ikan pipih yang naik dari Rp85 ribu menjadi Rp90 ribu per kilogram dan ikan lais dari Rp50 ribu menjadi Rp80 ribu per kilogram.

Meskipun demikian, ada beberapa jenis ikan yang mengalami penurunan harga, seperti ikan patin sungai yang turun dari harga Rp130 ribu menjadi Rp120 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi pada Jumat (14/06/2024) siang mengatakan bahwa fluktuasi harga ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kondisi cuaca yang mempengaruhi hasil tangkapan ikan para nelayan.

“Faktor cuaca yang saat ini mempengaruhi, seperti hujan terus-menerus baik di daerah hulu maupun di wilayah kota Palangka Raya, menjadi penyebab utama kenaikan harga karena nelayan sulit mendapat ikan tangkapan,” kata Indriarti.

Harga komoditas Ikan Sungai di Kota Palangka Raya alami Peningkatan. Indriarti Ritadewi : Pengaruh dari Faktor Cuaca!! 2
Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi

Meskipun demikian, pihaknya terus memantau perkembangan harga ikan di pasaran dan berupaya menjaga stabilitas harga. “Kami berupaya menjaga ketersediaan ikan di pasaran agar harga tetap stabil dan terjangkau bagi masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, Indriarti menghimbau masyarakat untuk mendukung program-program Dinas Perikanan yang bertujuan untuk meningkatkan produksi ikan lokal.

BACA JUGA :  Dikira Terjebak, Ternyata Kucing ini Melahirkan di atas Plafon Cafe

“Kami mendorong masyarakat untuk ikut serta dalam program-program budidaya ikan yang kami galakkan sebagai solusi jangka panjang untuk mengatasi fluktuasi harga ikan di pasar,” ucapnya.

Dalam upaya menjaga stabilitas harga dan meningkatkan produksi ikan lokal, Dinas Perikanan juga mengadakan penyuluhan dan pelatihan bagi para petani ikan lokal.

Dengan berbagai upaya ini, diharapkan harga ikan di pasar dapat lebih stabil, dan masyarakat tetap mendapatkan asupan protein yang memadai dari ikan. Dinas Perikanan berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan berbagai pihak guna memastikan keberlanjutan sumber daya perairan dan kesejahteraan masyarakat. (AJn)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.