HARI MENANAM POHON, COMODO MAPALA EDUKASI SISWA SD NEGERI-1 MARANG

oleh -
oleh
HARI MENANAM POHON, COMODO MAPALA EDUKASI SISWA SD NEGERI-1 MARANG 1
Comodo Mapala FEB UPR bersama WALHI Kalimantan Tengah melakukan kegiatan dalam rangka memperingati hari menanam pohon Indonesia di SD Negeri 1 Marang.

Palangka Raya (Dayak News) – Berdasarkan Keputusan Presiden RI  Nomor 24 Tahun 2008, tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon. Comodo Mapala FEB UPR bersama WALHI Kalimantan Tengah melakukan kegiatan dalam rangka memperingati hari menanam pohon Indonesia di SD Negeri 1 Marang.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi sekaligus memberikan contoh secara langsung kepada murid-murid di SD Negeri 1 Marang bahwa menanam pohon merupakan bentuk cinta kita terhadap lingkungan”. Kata Vini Brigita Saragih Ketua Umum Comodo Mapala FEB UPR

HARI MENANAM POHON, COMODO MAPALA EDUKASI SISWA SD NEGERI-1 MARANG 2

Rangkaian dari kegiatan ini yang pertama murid-murid di SD Negeri 1 Marang diberikan sosialisasi akan fungsi dan manfaat pohon terhadap lingkungan, setelah itu murid-murid kelas 1-3 mewarnai poster yang bertemakan pohon dan murid-murid kelas 4-6 melakukan penanaman bibit pohon buah-buahan di lingkungan sekitar SD Negeri 1 Marang .

“Anak-anak harus mulai diberikan edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan, mulai dari apa fungsi dari menanam pohon dan dampaknya jika hutan sudah tidak ada. Lalu, gerakan penyadartahuan yang kami lakukan akan terus berjalan agar lingkungan di Kalimantan Tengah terjaga oleh setiap orang”. Kata Igo dari WALHI Kalimantan Tengah

Menanam pohon salah satu bentuk kepedulian manusia terhadap lingkungan, karena adanya pohon dapat meningkatkan kualitas udara juga merupakan cara untuk memperbaiki lingkungan hidup yang sehat.

“Melakukan penananam pohon merupakan langkah kecil yang memberikan banyak manfaat. Menanam pohon sama dengan menanam kebaikan karena pohon memproduksi oksigen yang akan memberikan manfaat bagi kehidupan semua makhluk hidup di bumi.” Kata Netty Karmila Zahra Kepala Bidang Hubungan Masyarakat dan Lingkungan Hidup

HARI MENANAM POHON, COMODO MAPALA EDUKASI SISWA SD NEGERI-1 MARANG 3

Pohon juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi perubahan iklim. Ada banyak manfaat jangka pendek maupun jangka panjang yang didapatkan dengan menanam pohon. Oleh karena itu mengajak anak-anak SD Negeri 1 Marang dalam memperingati hari menanam pohon merupakan pilihan yang tepat karena antusias anak-anak di SD Negeri 1 Marang terhadap kegiatan  ini sangat tinggi. 

 “Kegiatan dari Mapala Comodo ini sangat baik sekali karena anak-anak langsung diberikan contoh dalam menanam pohon bahkan anak-anak juga belajar dari kecil keahlian seperti berkebun atau bertanam, sehingga anak-anak kedepannya nanti mereka sudah punya pengetahuan.

Kegiatan yang seperti ini juga perlu dilakukan ke sekolah-sekolah yang lainnya khususnya daerah-daerah pinggiran yang memiliki lahan-lahan sekolah yang bisa ditanami pohon karena dapat memberikan edukasi yang sangat bermanfaat bagi anak-anak” kata Bapak Nekopely Kepala Sekolah SD Negeri 1 Marang. (PR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.