HIDUP MASYARAKAT DI BAWAH PENDUDUKAN RAKSASA

oleh -
HIDUP MASYARAKAT DI BAWAH PENDUDUKAN RAKSASA 1

Palangkaraya (Dayak News) – PPIG UPR bekerja sama dengan Program Studi Sosiologi FISIP UPR dan UGM Fakultas Ilmu Budaya Departemen Antropologi melaksanakan acara Launching & Diskusi Buku “Hidup Bersama Raksasa: Manusia dan Pendudukan Perkebunan Sawit” di Ball Room lantai 6 PPIG UPR, (23/11/2022).

Dalam acara tersebut Prof. Pujo Semedi menyampaikan gambaran tentang buku yang ia tulis bersama Prof. Tania Murray Li, Pujo mengatakan bahwa buku ini adalah buku yang sudah mewati proses panjang dalam penulisannya, ia mengatakan bahwa luasnya lahan swit menjadi fokus pada buku ini.

“Buku ini adalah hasil research selama dua belas tahun, mulai tahun 2010, sudah 22 juta hektar sudah dijadikan lahan seperti tanah pertanian di Indonesia sudah dialokasikan lantas bagaimana dengan tanaman lain, concern besarnya sawit memakan wilayah yang sangat luas di indoensia,” ucap Pujo.

Secara Ekologis pengubahan lingkungan berpotensi merusak lingkungan itu sendiri, Buku ini pempertanyakan bagaimana peran perusahaan serta bagaimana keadaan masyarakat yang diduduki sang raksasa.

“Secara ekologis, pengubahan lingkungan yang terlau berani seperti mengubah bukit menjadi lahan konsekuensinya lahan mengering bila ini diteruskan, pertanyaannya bagaimana peran perusahaan mereka mendapatkan subsidi, modal murah tenaga kerja murah, lantas bagaimana masyarakat yang diduduki raksasa ini,” jelas Pujo.

Tambahnya, Pujo mengatakan bahwa bukunya tidak membahas tentang apa yang hilang tetapi membahas gambaran masyarakat di bawah raksasa, Pujo mempertanyakan Subsidi untuk perusahaan yang besar sementara subsidi untuk masyarakat tidak.

“Kami tidak membahas apa yang hilang dalam research ini kami ingin mencarikan tata wilayah seperti apa hidup masyarakat di bawah pendudukan raksasa, jika pemerintah mampu memberikan subsidi besar-besaran untuk perusahaan sementara untuk masyarakat tidak,” pungkas Pujo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.