IVO SUGIANTO: PELIHARA KEBERAGAMAN DI KALTENG

oleh -
oleh
IVO SUGIANTO: PELIHARA KEBERAGAMAN DI KALTENG 1

Palangka Raya, 29/8/19 (Dayak News).

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah (Kalteng) Yulistra Ivo Sugianto Sabran Rapat mengatakan, Kalteng memiliki keberagaman suku, agama, adat dan budaya. Hal ini sekaligus sebagai modal yang harus dipertahankan.

Hal itu diungkapkannya saat membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerakan Pramuka Kalteng yang diselenggarakan di hotel M. Bahalap, Palangka Raya, Kamis, (29/8/19).

Dikatakan, dia sangat menyambut gembira dan menaruh perhatian serta menghargai kehadiran K
kakak-kakak pada forum penting ini sebagai upaya koordinasi, informasi dan komunikasi dalam berbagai hal antara Kwartir Daerah dengan Kwartir Cabang dan Satuan Karya, sehingga tercipta kesatuan pemahaman bahasa dan gerak langkah dalam rangka meningkatkan peran serta Pramuka dalam pembangunan Bangsa, ucap Ivo.

Dijelaskan, rapat kerja kali ini merupakan yang kali pertama bagi kepengurusan Kwartir Daerah gerakan Pramuka Kalteng, tentu pertemuan perdana ini mempunyai peran penting untuk menentukan langkah perkembangan Gerakan Pramuka di seluruh Kabupaten/Kota se-Kalteng.

“Sadar atau tidak sadar, Gerakan Pramuka dalam mewujudkan visi dan misinya harus membayangkan betapa besar tantangan yang harus dihadapi. Namun dengan jiwa dan semangat kepramukaan, jiwa kegotongroyongan maka kemitraan dengan berbagai komponen bangsa merupakan strategi dan sebagai syarat utama mewujudkan cita-cita tersebut,” jelasnya.

Gerakan Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, dan membina semangat kebersamaan. Gerakan Pramuka menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak, memiliki jiwa bela negara, dan berkarakter.

“Negara Indonesia yang memiliki keragaman budaya perlu kita jaga dan pelihara, sehingga apa yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita tidak akan sia-sia. Karena dengan keharmonisan keragaman yang telah ada akan memperkokoh kedaulatan dan keutuhan NKRI,” tegasnya. (Dayak News/Adv/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.