JANGAN MENGEMUDI SAAT KELELAHAN, MUNGKIN ANDA PERLU TIPS JITU INI

oleh -
JANGAN MENGEMUDI SAAT KELELAHAN, MUNGKIN ANDA PERLU TIPS JITU INI 1
foto ilustrasi (ist)

Palangka Raya (Dayak News) – Kecelakaan lalu lintas saat tubuh anda sedang mengalami kelelahan akibat jalur atau wilayah yang anda lalui begitu jauh, namun seiring tuntutan kerja anda harus bisa secepatnya tiba.

Namun akibat kelelahan, faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas seperti yang baru saja terjadi di Jalan Seth Adji Palangka Raya dimana Sebuah mobil bak terbuka menabrak sebuah warung makan dan rombong penjual tahu walik mungkin bisa menyadarkan anda bahwa kelelahan mempengaruhi sistem motorik anda.

Kali ini, redaksi dayaknews.com mencoba membantu anda untuk mengingatkan anda betapa pentingnya kata “ISTIRAHAT” terkhususnya bagi anda para sopir lintas kota yang harus selalu terpaku dengan waktu kerja.

Menurut para ahli kesehatan, bahaya mengemudi mobil saat tubuh tengah lelah, sama bahayanya dengan keadaan sang pengendara yang mabuk akibat pengaruh alkohol. Alasannya karena daya tangkap otak saat berkendara dalam kondisi tersebut akan terganggu. Fokus akan terpecah, tingkat respon berkurang.

Agar hal itu tidak terjadi, berikut cara mengantisipasi bahaya mengemudi mobil saat kondisi badan tidak fit atau lelah.

Pertama yang harus dilakukan adalah atur pola tidur yang baik. Jaga kebugaran fisik dan atur pola makan tidak berlebihan. Pastikan anda fit untuk mengemudi, gunakan driving management checklist.

Maksudnya untuk melakukan perjalanan jauh atau durasi panjang, susun daftar dan rencanakan lokasi rest area untuk beristirahat. Berapa lama waktu untuk istirahat adalah dengan menerapkan sistem 2/10, yaitu setelah dua jam mengemudi, minimum 10 menit harus istirahat.

Selanjutnya, Selalu sediakan air mineral untuk mencegah dehidrasi saat berkendara, Saat tubuh kekurangan cairan, maka seluruh fungsi tubuh bisa berjalan tidak normal Salah satunya adalah menyebabkan aruan air ke otak menjadi terganggu.

Akibatnya, seseorang akan menjadi tidak fokus akibat menurunnya konsentrasi otak. Padahal, sangat dibutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi ketika berkendara Oleh karena itu, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan cairan, khususnya pada saat mengemudi atau berkendara.

Dan yang sangat penting, hindari Stres, karena stres merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kelelahan.

Pada umumnya, stres dalam berkendara muncul saat jalanan macet, perjalanan panjang yang membosankan dan kurangnya hiburan atau tidak adanya lawan bicara saat anda harus berkendara

Agar perjalanan nyaman, rencanakan perjalanan lebih awal untuk menghindari jam kemacetan atau perjalanan panjang di beberapa tempat tertentu.

Demikian artikel ini bisa sedikit membantu masyarakat saat hendak melakukan perjalanan jauh, tetap utamakan keselamatan dalam berkendara dan yang terpenting sebelum melakukan perjalanan, berdoa minta perlindungan Tuhan yang maha Kuasa agar selamat sampai tujuan. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.