JELANG WISUDA, UMPR GELAR PELATIHAN MENGHADAPI DUNIA KERJA BAGI CALON ALUMNI

oleh -
oleh
JELANG WISUDA, UMPR GELAR PELATIHAN MENGHADAPI DUNIA KERJA BAGI CALON ALUMNI 1
UMPR menggelar pelatihan menghadapi dunia kerja bagi calon alumni pada Selasa (29/11).

Palangka Raya (Dayak News) – Universitas Muhammadiyah Palangkaraya sebagai salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Kalimantan Tengah yang menghasilkan lulusan-lulusan terbaik setiap tahunnya turut berupaya mempersiapkan para alumninya. Upaya yang dilakukan salah satunya dengan mengadakan program Pelatihan Menghadapi Dunia Kerja yang diselenggarakan Biro Kemahasiswa dan Alumni (BAKA) calon lulusan UMPR.

Pelatihan yang berlangsung di Aula Utama UMPR, Selasa, 29 November 2022 itu bertujuan memberikan pemahaman kepada calon lulusan UMPR tentang bagaimana mempersiapkan dunia kerja di kondisi saat ini sesuai dengan yang diharapkan perguruan tinggi.

Rektor UMPR Dr. Sonedi, M.Pd, yang hadir membuka acara menyampaikan, pentingnya menyiapkan lulusan UMPR di dunia kerja juga terkait dengan pola orientasi pembelajaran yang kini berubah, sehingga muncul program seperti MBKM yang tujuannya membuat para lulusan bisa bermanfaat dan bekerja di masyarakat.

Pola tersebut kemudian dimasukkan ke dalam targetan kerja bagi perguruan tinggi yang dinilai melalui Indikator Kinerja Utama (IKU), khususnya indikator kinerja bidang Kemahasiswaan oleh Kemendikbudristek.

Dalam indikator kinerja khususnya bidang kemahasiswaan, salah satu targetan yang harus dicapai sebuah perguruan tinggi yaitu mampu menghasilkan alumni yang bekerja dengan penghasilan minimal sesuai UMR, atau alumni yang mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri atau melanjutkan studi ke jenjang S2 maupun jenjang lainnya.

Untuk itu Dr. Sonedi. M.Pd. meminta agar BAKA lebih mendorong para mahasiswa dan calon lulusan agar menyadari pentingnya program-program pembekalan yang dilakukan, baik untuk diri sendiri maupun UMPR.

“Kami minta UMPR terus mendorong, memotivasi, dan meningkatkan pemahaman kepada mahasiswa agar jangan terlena. Apa yang dilakukan mahasiswa itu menentukan naik turunnya kinerja perguruan tinggi. Di samping ada pula prestasi yang dicapai mahasiswa baik level nasional maupun internasional,” ujarnya dihadapan para peserta pelatihan, Selasa (29/11).

Rektor UMPR itu berharap, peserta dapat mengikuti kegiatan semaksimal mungkin sehingga siap mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti dan membantu meningkatkan penilaian UMPR.

Ketua Panitia Pelatihan, M. Noor Shaleh, M.AP. mengatakan bahwa Pelatihan Persiapan Memasuki Dunia Kerja diikuti lebih dari 400 peserta perwakilan dari setiap fakultas. “Pelatihan merupakan kegiatan yang diinisiasi Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni atau BAKA. Total peserta yang mengikuti adalah lebih dari 400 peserta dari 653 total peserta yang akan diwisuda pada sabtu nanti,”ujarnya.

“Adanya kegiatan ini tentu kami harapkan para calon alumni UMPR yang akan diwisuda nantinya dapat lebih matang dalam perencanaan karir serta memperluas wawasan dan pengetahuan sehingga mereka dapat memiliki daya saing yang lebih tinggi,”tambahnya.

Hadir tiga narasumber yang memberi pembekalan yaitu Esty Aryani Safitri, M.Psi (Dosen UMPR), Nelly Mathias (Founder Talents Performance Consultant), dan Restu ‘Cak Tu’ Wicaksono (Founder dan CEO karircare). (ard/ade/sut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.