KEMBANGKAN KAWASAN PERTANIAN HORTIKULTURA, 3 KECAMATAN INI AKAN DIBENAH PEMERINTAH KOTA PALANGKA RAYA

oleh -16 views
KEMBANGKAN KAWASAN PERTANIAN HORTIKULTURA, 3 KECAMATAN INI AKAN DIBENAH PEMERINTAH KOTA PALANGKA RAYA 1

Palangka Raya (Dayak News) – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan akan mengembangkan pusat pertanian kota di tiga kecamatan diwilayah Kota Palangka Raya.

Pengembangan pertanian yang akan dilaksanakan ditiga kecamatan tersebut berorientasi holtikultura tersebut dilaksanakan untuk menunjang program ketahanan pangan nasional.

Sekretaris DPKP Kota Palangka Raya, Suwito mengatakan kepada Awak Media terdapat tiga kecamatan diwilayah kota Palangka Raya yang rencananya akan menjadi lokasi pertanian yang mana lokasi tersebut terdapat di Kecamatan Rakumpit, Kecamatan Bukit Batu, dan Kecamatan Sebangau dan akan segera dibenahi oleh Kelompok Pertanian yang ada dikota Palangka Raya.

“Lahan kosong yang cocok untuk pertanian hortikultura ada di tiga kecamatan tersebut. Dari luas wilayahnya, Kecamatan Rakumpit yang paling besar dan potensial,” terang Suwito.

Dijelaskan Suwito, pertanian hortikultura bukan hal baru di wilayah Kota Palangka Raya, karena sejak 2018 pemerintah kota Palangka Raya telah dipercayakan untuk mengelola lahan seluas 55 hektare dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Program itu sudah terealisasi dan kelompok tani yang bergabung sudah merasakan manfaatnya.

Lebih lanjut, Suwito menerangkan lahan pertanian ditiga kecamatan tersebut akan dibagi lagi ke beberapa tanaman holtikultura Seperti misalnya 25 hektare lahan komoditas buah jeruk, 20 hektare bawang merah dan 10 hektare komoditas cabai yang nanti saat penggarapan dan menjaganya DPKP akan bekerjasama dengan Babinsa setempat.

“Dalam kondisi seperti sekarang segala upaya dilakukan pemerintah guna mengantisipasi perubahan situasi salah satunya kesiapan cadangan pangan ditengah pandemi Covid -19. Sehingga menuntut kepedulian semua pihak bersinergi untuk mendukung program pemerintah guna mewujudkan ketahanan pangan,” Tutup Suwito. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.