LAHAN GAMBUT TIDAK BERPENGHUNI TERBAKAR TANPA SEBAB DIJALAN SISINGAMANGARAJA

oleh -3 views
LAHAN GAMBUT TIDAK BERPENGHUNI TERBAKAR TANPA SEBAB DIJALAN SISINGAMANGARAJA 1

Palangka Raya (Dayak News) – Sebuah Lahan Gambut yang ditumbuhi Rumput serasah dan pohon liar dijalan Sisingamangaraja induk kelurahan Menteng, Minggu (25/04) siang tiba-tiba mengeluarkan kepulan asap dan terbakar.

“Tidak ada yang tahu mas siapa pemiliknya, soalnya itu tanah sudah lama kosong tidak dibangun apa-apa, kami aja kaget malah muncul asap dan terbakar,” Jelas Iwan warga sekitar.

Menurut Iwan, selama ini tanah tersebut terbengkalai dan tidak ada aktivitas untuk dibersihkan oleh pemiliknya, bahkan warga yang bermukim di sekitar lokasi tidak mengetahui siapa pemilik dari tanah yang terbakar tersebut, kemungkinan menurut iwan ada orang yang lewat dan membuang puntung rokok.

Sementara itu, untuk memadamkan Kebakaran dilahan gambut yang terbakar dengan luasan lahan sepanjang kurang lebih 1 hektar tersebut, tim Gabungan dari Direktorat Samapta Polda Kalteng, Satbrimobda Polda Kalteng, Tim Emergency Response Palangka Raya, TSAK Menteng, Pemadam Swasta Kota Palangka Raya memerlukan waktu kurang lebih 1 jam untuk memaksimalkan pemadaman karena yang terbakar berada di Tanah Gambut yang dalam.

“Alhamdulilah sekitar 30 menit kita gabungan melakukan Pemadaman, api berhasil kita blokade dari berbagai penjuru dan api Karhutla bisa kita padamkan sepenuhnya.” Ungkap Rahman Arif, Anggota ERP.

Kasus kebakaran Lahan Gambut ini sudah ditangani kepolisiqn dari Polsek Pqhandut dan Polresta Palangka Raya, dugaan sementara asal api dari puntung rokok yang sengaja dibuang. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *