LATIHAN BERSAMA BASARNAS COMODO MAPALA FEB UPR BERSIAP UNTUK EKSPEDISI KAHAYAN II

oleh -
oleh
LATIHAN BERSAMA BASARNAS COMODO MAPALA FEB UPR BERSIAP UNTUK EKSPEDISI KAHAYAN II 1
Persiapan yang dilakukan dalam Ekspedisi Kahayan II salahsatunya pelatihan penggunaan perahu karet berjenis Landing Craft Rubber Boat (LCR).

Palangka Raya (Dayak News) – Comodo Mapala Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Palangka Raya (UPR) telah mempersiapkan diri untuk mengatasi fenomena-fenomena yang terjadi sepanjang Daerah Aliran Sungai Kahayan dengan melaksanakan Ekspedisi Kahayan II.

Sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak dalam petualangan alam bebas dan lingkungan hidup, Comodo Mapala FEB UPR akan menjelajahi DAS Kahayan sejauh 220 km, mulai dari Jembatan Kahayan, Kota Palangka Raya, hingga Desa Bahaur Hilir, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau. Mereka akan menggunakan perahu sebagai sarana untuk mengarungi sungai tersebut.

Untuk mempersiapkan kegiatan Ekspedisi Kahayan II, Comodo Mapala FEB UPR telah melaksanakan beberapa pelatihan. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah pelatihan penggunaan perahu karet berjenis Landing Craft Rubber Boat (LCR), serta latihan prosedur keamanan saat melaksanakan kegiatan di sungai. Pelatihan ini dilaksanakan bersama Badan Sar Nasional Kalimantan Tengah (BASARNAS KAL-TENG) di bawah jembatan Kahayan, Palangka Raya pada Sabtu, 24 Juni 2023.

BASARNAS Kalimantan Tengah mengerahkan empat anggotanya, yaitu Andy, Angga, Anton, dan Toni sebagai pemateri dalam pelatihan tersebut. Mereka memberikan pelatihan kepada peserta Ekspedisi Kahayan II, yang terdiri dari beberapa anggota Comodo Mapala FEB UPR dan total peserta latihan berjumlah 12 orang.

Materi yang disampaikan meliputi tata cara mengoperasikan perahu karet berjenis LCR, penjelasan mengenai bagian-bagian perahu, seperti bagian atas, bagian bawah, dan mesin yang digunakan, serta prosedur keselamatan saat melakukan pengarungan.

“Materi pembekalan ini sangat bermanfaat karena kegiatan Ekspedisi Kahayan II rencananya akan dilakukan dengan menggunakan perahu karet, dan momen ini merupakan bentuk kerja sama dan partisipasi antara Comodo Mapala dan BASARNAS untuk mendukung kegiatan tersebut,” kata Cristian David, ketua satgas Ekspedisi Kahayan II.

BACA JUGA :  SAH!! KOTA PALANGKA RAYA RESMI LAKSANAKAN PPKM DARURAT

Setelah melaksanakan pelatihan penggunaan perahu karet dan prosedur keselamatan, diharapkan peserta Ekspedisi Kahayan II siap untuk menghadapi pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang. Comodo Mapala FEB UPR telah menunjukkan dedikasi dan kesiapan mereka dalam menjalankan misi petualangan alam bebas dan pelestarian lingkungan hidup di sepanjang Daerah Aliran Sungai Kahayan. (PR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.