LOMBA INOVASI NEW NORMAL, PEMPROV KALTENG JUARA 3 SEKTOR TRANSPORTASI UMUM

oleh -24 views
LOMBA INOVASI NEW NORMAL, PEMPROV KALTENG JUARA 3 SEKTOR TRANSPORTASI UMUM 1

Palangka Raya, 22/6/2020 (Dayak News). Pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengumumkan hasil lomba dan Penganugerahan Penghargaan Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Senin (22/6/2020).

Kompetisi antar Pemda pada klaster Provinsi yang diperlombakan dalam 7 sektor masing-masing melalui video berdurasi maksimal 2 menit. Pemerintah Provinsi Kalteng meraih prestasi Juara Ketiga sektor transportasi umum.

“Kemendagri bersama Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Covid-19, Kemenpan RB, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan berinisiatif mengadakan lomba antar daerah untuk membuat protokol Kesehatan Covid-19 dan simulasinya di tujuh (7) sektor kehidupan, yaitu pasar tradisional, pasar modern, hotel, restoran, tempat wisata, transportasi publik, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Agar adil maka lomba diadakan dengan membagi empat (4) klaster pemda, yaitu Lomba antar provinsi, antar kota, antar kabupaten, antar kabupaten perbatasan/tertinggal”, jelas Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Lebih lanjut Tito mengungkapkan bahwa semua pemda diminta untuk membuat video dengan durasi maksimal 2 menit yang menggambarkan protokol kesehatan dan simulasi di sektor yang dipertandingkan. “Semua pemda bebas untuk ikut lomba pada sektor-sektor yang dipertandingkan bahkan boleh mengirim video di ketujuh sektor tersebut”, kata Mendagri.

LOMBA INOVASI NEW NORMAL, PEMPROV KALTENG JUARA 3 SEKTOR TRANSPORTASI UMUM 2

Acara pengumuman hasil lomba dan penganugerahan penghargaan lomba Inovasi Daerah Tatanan normal baru Produktif dan Aman Covid-19 dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’aruf Amin.

Selain Mendagri Tito Karnavian, hadir pula secara langsung pada Acara di Aula Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat tersebut adalah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. Selain itu, Kepala Daerah Tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota (Gubernur, Bupati, dan Walikota) se-Indonesia turut menghadiri acara tersebut, baik ada yang secara langsung di Jakarta maupun virtual dari tempat kerja di daerah masing-masing.

Gubernur Kalteng diwakili Asisten Sekda Kalteng Bidang Perekonomian dan Pembangunan Nurul Edy turut hadir secara virtual untuk menyaksikan acara pengumuman hasil lomba dan penganugerahan penghargaan tersebut melalui video converence di Aula Eka Hapakat.

Hadir juga untuk mendampingi Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19 Kalteng Darliansjah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Guntur Taladjan, Kepala Dinas Kesehatan Suyuti Syamsul, serta Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Aster Bonawati.

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’aruf Amin mengungkapkan, “Sama sekali berbeda dari sebelumnya, untuk itu dibutuhkan inovasi dan kreativitas agar kegiatan ekonomi produktif tetap jalan tetapi aman dari Covid-19. Daerah yang akan memulai aktivitas ekonomi dalam tatanan normal baru harus dipersiapkan dengan baik. Wilayahnya harus dipastikan kondisi, selain kegiatan ekonominya harus dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Untuk itu ada rambu-rambu yang dikeluarkan oleh WHO agar tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 dapat terwujud”.

Pelaksanaan kesehatan yang ketat dalam setiap kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat, termasuk kewajiban memakai masker, physical distancing, selalu mencuci tangan dan perilaku hidup sehat menjadi syarat utama. (Pr/Hms/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *