MAHASISWA KKN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG BAGI APD DAN GELAR PENYEMPROTAN DISINFEKTAN DI PALANGKA RAYA

oleh -36 views
MAHASISWA KKN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG BAGI APD DAN GELAR PENYEMPROTAN DISINFEKTAN DI PALANGKA RAYA 1
Pembagian APD Kelompok 21 gelombang 8 KKN-PMM di masjid Hidayaturrahman

Palangka Raya, 13/9/2020 (Dayak News). Kelompok 21 gelombang 8 KKN-PMM Univsersita Muhamadiyah Malang melakukan kegiatan Program Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri merupakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diadakan Universitas Muhamadiyah Malang pada masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 6-13 september 2020 pada tiga mesjid di Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan raya, Kota Palangkaraya yaitu Masjid Al-Furqan, Masjid Al-Muhajirin dan Masjid Hidayaturrahman.

Kegiatan KKN-PMM oleh kelompok 21 periode 8 ini beranggotakan Selma Osa Rohimah, Tasya Vidya Amalina, Aliyana Afiyati Kautsar, M.Kurnia Rahman, dan Satria Ade Pranata serta dosen pembimbing Musaffak, M.Pd. dengan Tema Penerapan Protokol Kesehatan di Rumah Ibadah. Tiga program kerja inti yang dilakukan adalah memberikan edukasi kepada jama’ah, pembagian bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, sarung tangan lateks, hand sanitizer dan vitamin C, serta penyemprotan disinfektan.

MAHASISWA KKN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG BAGI APD DAN GELAR PENYEMPROTAN DISINFEKTAN DI PALANGKA RAYA 2
Kelompok 21 gelombang 8 KKN-PMM Melakukan penyemprotan disinfektan di mesjid muhajirrin

Sebelum melakukan penyemprotan disinfektan, membersihkan masjid terlebih dahulu. Setelah dibersihkan barulah memulai penyemprotan. Cairan disinfektan terbuat dari cairan pembersih lantai dan air bersih. Untuk memberikan edukasi kepada jama’ah, Kelompok 21 gelombang 8 KKN-PMM Universitas Muhammadiyah Malang melakukan sosialisasi setelah shalat maghrib berjama’ah. Selain sosialisasi, kegiatan lainnya adalah memasang spanduk tata cara beribadah dan poster cuci tangan 6 langkah agar dapat diterapkan sebelum memasuki rumah ibadah.

Selma Osa Rohimah, Ketua kelompok 21 mengatakan alasannya memilih melakukan Penerapan Protokol Kesehatan di Rumah Ibadah “Kegiatan ini dilakukan untuk membantu warga agar dapat merasa aman dalam beribadah di rumah ibadah.

Selain itu juga diharapkan kedepannya masyarakat juga akan lebih disiplin dalam mengikuti protokol-protokol yang sudah ada, Karena untuk memutus penyebaran covid-19 ini harus melalui kesadaran dari dalam diri sendiri”, kata Selma.

MAHASISWA KKN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG BAGI APD DAN GELAR PENYEMPROTAN DISINFEKTAN DI PALANGKA RAYA 3
Pemasangan spanduk tata cara beribadah dan poster cuci tangan 6 langkah agar dapat diterapkan sebelum memasuki rumah ibadah

“Semoga kegiatan ini dapat  bermanfaat untuk jamaah masjid Al-Furqan, masjid muhajirrin dan masjid Hidayaturrahman, Diharapkan kedepannya juga bisa mengikuti protokol-protokol yang ada agar dapat memutus penyebaran covid-19. Harus dari kesadaran dalam diri sendiri”.

Mahasiswa dari Kelompok KKN-PMM UMM juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih peduli terhadap new normal serta menjalankan protokol kesehatan dirumah ibadah, seperti tetap jaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan saat setelah dan sebelum beraktivitas di rumah ibadah. (PR/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *