MASA PANDEMI, ‘AISYIYAH PALANGKA RAYA MAKIN SEMANGAT BERBAGI

oleh -92 views
MASA PANDEMI, 'AISYIYAH PALANGKA RAYA MAKIN SEMANGAT BERBAGI 1

Palangka Raya, 6/11/2020 – Pengurus Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kota Palangka Raya terus mempertahankan tradisi “Jumat Berbagi”. Bahkan, di masa pandemi Covid-19 ini, aksi sosial berupa pembagian makanan gratis tersebut makin ditingkatkan untuk membantu masyarakat.

Ketua PDA Kota Palangka Raya Lilik Kholisotin MPdI didampingi Sekretaris Hj Mujibah SAg kepada wartawan di sela pembagian makanan yang digelar di halaman Masjid Darul Arqam Komplek Perguruan Muhammadiyah, Jumat (6/11/2020), mengatakan, kegiatan demikian sudah mereka laksanakan sejak 26 Agustus 2019 lalu.

“Kegiatan ini diawali gagasan PDA Kota Palangka Raya sendiri. Kita ingin berbagi makanan untuk masyarakat, terutama pelajar, mahasiswa, karyawan dan pengajar yang tidak pulang untuk makan siang setelah salat jumat,” sebut Lilik.

Motivasi kegiatan ini, sebut Lilik, semata-mata ingin berbagi rejeki dengan sesama sambil berharap ridha dan pahala dari Allah SWT.

“Kita ikhlas ingin bersedekah. Dan di situ kita rasakan ada kepuasan batin yang mungkin tidak ternilai secara materi ketika kita bisa membantu sesama walaupun hanya dengan membagikan makanan ini,” tuturnya.

Lilik menceritakan, di awal kegiatan pihaknya mengumpulkan modal Rp 1,5 juta. Dana itu kemudian dipesankan makanan berupa nasi lengkap dengan lauk, sayur, dan minuman kemasan sebanyak 150 bungkus.

Insya Allah cukup dari segi gizi,” ujarnya.

Makanan tersebut kemudian dibagikan kepada jamaah dan masyarakat usai pelaksanaan salat jumat di Masjid Darul Arqam yang berlokasi di Jalan RTA Milono, Palangka Raya ini.

Dalam perkembangannya, aksi itu mendapat banyak simpati dari masyarakat yang kemudian turut memberikan sumbangan baik berupa uang maupun barang.

Berkat sumbangan para donatur, jumlah makanan yang kita bagikan terus bertambah. Penerimanya pun makin beragam, termasuk masyarakat sekitar ataupun pengendara yang kebetulan singgah untuk menunaikan Salat Jumat di Masjid Darul Arqam.

“Sekarang rata-rata setiap Jumat kita membagikan 300 sampai 500 bungkus makanan. Pernah sampai 600 bungkus,” tutur Kepala Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Keislaman Kemuhammadiyahan (LPPKK) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya itu.

MASA PANDEMI, 'AISYIYAH PALANGKA RAYA MAKIN SEMANGAT BERBAGI 2

Sekretaris PDA Kota Palangka Raya Hj Mujibah menimpali, dalam kegiatan pembagian makanan ini mereka dibantu para anggota, di antaranya Yuli SHI, Sri Mulyanti SAg, dan Widya Hastuti.

“Kita juga dibantu beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah sehingga proses pembagian bisa cepat dan mudah,” ujar Mujibah.

Dia melanjutkan, pihaknya berkomitmen terus melaksanakan aksi sosial ini. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, bantuan makanan dirasa sangat berarti bagi mereka yang terdampak secara ekonomi.

“Kita juga ingin memperluas kegiatan pembagian makanan ini di tempat lain, seperti masjid-masjid ataupun tempat umum, dengan harapan memotivasi kelompok masyarakat untuk ikut melaksanakan hal yang sama. Di lokasi lain yang sudah kita laksanakan seperti kelurahan Bereng Bengkel Alhamdulillah sudah bisa mereka teruskan,” sebutnya.   

Mujibah menambahkan, selain kegiatan “Jumat Berbagi” PDA Kota Palangka Raya juga secara rutin dan berkala menggelar aksi sosial lain. Kegiatan itu dikoordinir oleh majelis-majelis yang ada di organisasi, di antaranya majelis hukum, ekonomi, sosial, dakwah, pendidikan, dan kesehatan.

Aksi sosial yang juga dilaksanakan PDA Kota Palangka Raya ini di antaranya pemberian bantuan paket sembako kepada masyarakat yang sedang tertimpa musibah seperti banjir, pemeriksaan kesehatan gratis dengan menggandeng pihak RS PKU Muhammadiyah, santunan untuk keluarga pelajar kurang mampu, serta sejumlah kegiatan rutin keagamaan.

“Kami juga membuka diri untuk menerima dan menyalurkan sumbangan masyarakat yang ingin menjadi donator, baik untuk kegiatan pembagian makanan maupun aksi sosial lainnya. Untuk informasi bisa menghubungi nomor ponsel 085249195156 atau 085257758196,” ujarnya. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *