MENGENAL APA ITU TAWON ENDAS ATAU TAWON VESPA AFFINIS YANG SERING MERESAHKAN WARGA

oleh -
oleh
MENGENAL APA ITU TAWON ENDAS ATAU TAWON VESPA AFFINIS YANG SERING MERESAHKAN WARGA 1
Tawon Vespa atau Tawon Endhas

Palangka Raya (Dayak News) – Dalam beberapa waktu ini, banyak masyarakat perkotaan Palangka Raya yang melaporkan adanya sarang tawon Endhas atau tawon vespa yang bersarang diwilayah pemukiman dan perumahan warga.

Dari data Tim Emergency Response Palangka Raya Selama Januari 2023 ini saja, sudah ada 12 kali permintaan pemusnahan sarang tawon yang bersarang dan hinggap di rumah warga terakhir pada Jumat (27/01/2023) yang menewaskan 1 ekor anjing.

Adanya Sarang tawon dan juga Serangan Tawon Endhas atau yang bernama latin Vespa Affinis beberapa waktu ini banyak menghantui warga di beberapa daerah. Hal ini diduga karena habitat asli tawon tersebut diganggu warga.

Tidak ayal, Tawon Endhas tersebut menyerang balik warga. Namun ternyata, masih banyak yang belum mengetahui tentang karakteristik dari Tawon Endhas.

Dikutip dari beberapa literasi tentang Tawon Endhas atau warga masyarakat menyebutnya sebagai tawon gung atau tawon balung ini merupakan tawon predator dan Tawon ini bersifat agresif jika diganggu.

Selain itu, sengatannya juga dapat menimbulkan rasa sakit, yang pada umumnya tidak berbahaya bagi manusia jika yang menyengat atau menyerang manusia hanya 1 atau 2 tawon.

Namun, jika berjumlah banyak, maka sengatan tawon jenis ini akan menimbulkan anafilaksis, atau kerusakan organ dalam hitungan hari dan bisa berakibat fatal hingga berujung pada kematian korbannya.

Untuk mengenal lebih dalam terkait Tawon Endhas, sang tawon predator yang berbahaya ini, berikut redaksi Dayaknews.com menyajikannya untuk anda :

Pertama-tama kita akan membahas ciri fisik dari tawon Vespa Ini diantaranya Ukuran ratu tawon endhas mencapai 30mm, memiliki Ukuran jantan 26 mm, dan Ukuran tawon pekerja 22-25 mm.

BACA JUGA :  Lagi, Tim Virtual Police Bidhumas Polda Kalteng Mediasi Warga Net yang Berseteru Karena Tidak Melunasi Hutang

Jenis tawon endhas atau vespa affinis ini Aktif sepanjang siang hari atau diurnal dengan Ukuran sarang bisa lebih dari 60 cm. Tawonnya sendiri Terdapat lingkaran warna kuning pada punggungnya, serta Bagian kepala tawon ini berwarna cokelat kemerahan.

Kedua, Habitat dari tawon ini berada diarea berumput atau rerumputan, hutan dan juga gurun. Biasa bisa Bersarang di atas pohon, semak-semak belukar, atau pun rumah warga biasanya di sela-sela atap rumah atau di lesplang plafon.

Ketiga, Makanan dari tawon ini adalah karbohidrat yang biasa didapatnya melalui getah pohon, nektar, buah-buahan, dan liur larvanya sendiri. Sedangkan untuk Proteinnya tawon Endhas biasanya memakan bangkai, tawon kertas atau polistinae dan juga lebah dalam keluarga apidae.

Sementara itu, dalam rantai Siklus hidup, tawon endas bisa hidup di daerah Sub tropikal, dimana di Daerah subtropikal, Ratu lebah bangun dari hibernasi diperkirakan sekitar bulan April, untuk Koloni biasanya mati pada akhir November atau Desember dan Bentuk sarang oval membulat, dan di Daerah tropikal Tawon hidup akan hidup sepanjang tahun, Memiliki beberapa ratu dengan kawanan, Beberapa ratu dengan kawanan dapat membuat sarang baru bersama dan Bentuk sarang oval dan seperti buah menggantung dan ini yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan ini, Yustinus Exaudi selaku Kabag Ops ERP menghimbau kepada masyarakat untuk lebih hati-hati jika menemukan sarang tawon endas, tidak diganggu dan diusik serta jangan dijadikan bahan lelucuan seperti melempar sarangnya, dan segera menghubungi tim Animal Rescue ERP jika menemukan sarang tersebut berada diwilayah pemukiman dan perumahan. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.