MENGENAL SABRAN ACHMAD, SANG TOKOH PERINTIS PEMBENTUKAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

oleh -28 views
MENGENAL SABRAN ACHMAD, SANG TOKOH PERINTIS PEMBENTUKAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH 1
Sabran Achmad

Palangka Raya (Dayak News) – Siapa yang tidak kenal Sabran Achmad, Jika dalam sejarah Pembentukan Provinsi Kalimantan Tengah, beliau merupakan salah satu tokoh pembangunan yang sangat vokal bersama sahabatnya yaitu Tjilik Riwut.

Pria yang lahir dikota Air Kabupaten Kuala Kapuas pada 31 Desember 1930 pada jaman Hindia Belanda tersebut merupakan Perintis atau pioner terbentuknya Provinsi Kalimantan Tengah.

Dilansir dari wikipedia.com Sabran Achmad adalah putra ketiga dari sembilan bersaudara. menyelesaikan pendidikan Sekolah Rakyat, SMP hingga SMA di wilayah Kalteng. Kemudian ia sempat mengenyam kuliah di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat hingga tingkat III.

Kemudian aktif dan bergiat di Partai Nasional Indonesia yang membawanya terpilih sebagai anggota DRPD-GR Kalteng bahkan Lantaran kepiawaiannya berpolitik, oleh para koleganya Sabran Achmad dipercaya sebagai Wakil Ketua DPRD-GR Kalteng periode 1966–1971.

Selain itu, Sabran Achmad pun pernah berkarier sebagai pegawai negeri sipil di Departemen Perburuhan tahun 1950 dan Kepala Kantor Balai Statistik Kalteng periode tahun 1971–1986. (PR/AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *