MUNCULNYA HEWAN NYARIS PUNAH, MASYARAKAT GEMPAR DI PALANGKA RAYA

oleh -22 views
MUNCULNYA HEWAN NYARIS PUNAH, MASYARAKAT GEMPAR DI PALANGKA RAYA 1

Palangka Raya, 17/8/2020 (Dayak News ). Suasana siang, Minggu (16/8/2020) gempar dijalan Christopel Mihing, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya.

Semula suasana hening, tiba-tiba menjadi ramai. Seekor Bekantan atau dalam bahasa latinnya Nasalis Larvatus. Kini populasi binatang tersebut hampir langka, namun tiba-tiba muncul ditengah pemukiman warga.

Peristiwa langka yang terjadi itu sempat menyita perhatian masyarakat yang melintas, apalagi setelah tim Animal Rescue Emergency Response Palangka Raya tiba dilokasi, karena dipanggil warga untuk melakukan penangkapan secara manual.

“Kita dapat laporan masyarakat, ada seekor bekantan diduga tersesat dan kelaparan, tiba-tiba muncul dipekarangan rumah warga,” ungkap Yogie Pratiko Kepala Penanganan Bidang ERP.

Hampir tiga Jam bergelut, tim ERP melakukan operasi penangkapan baik secara manual, bahkan menggunakan teknik jaring pun tidak berhasil lantaran bekantan yang diduga berusia sekitar tujuh tahun itu sangat gesit dan lincah bahkan pintar mencari tempat persembunyian sehingga menyulitkan petugas lapangan.

Sekitar pukul 15.30 WIB, Animal Rescue ERP akhirnya berkordinasi dengan pihak BKSDA Kalteng dan juga dokter hewan dari Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng tiba dengan membawa peralatan senjata bius dan setelah kembali berjibaku kurang lebih satu jam, akhirnya bekantan yang merupakan Maskot Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, merupakan hewan dilindungi tersebut berhasil ditembak bius.

Kini, bekantan yang merupakan hewan seperti monyet, namun memiliki hidung yang sangat besar tersebut dibawa ke klinik BKSDA Kalteng untuk dilakukan perawatan.

Karena hewan ini hampir punah keberadaannya di Kalimantan, akibat diburu dan dimakan dagingnya, maka BKSDA akan membawa bekantan tersebut.Jika sudah sehat ke taman konservasi yang jauh dari jangkauan manusia. (AJN/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *