PEMERINTAH KOTA PALANGKA RAYA IZINKAN SHOLAT IED, INI YANG HARUS DIKETAHUI

oleh -7 views
PEMERINTAH KOTA PALANGKA RAYA IZINKAN SHOLAT IED, INI YANG HARUS DIKETAHUI 1
Foto Ilustrasi Sumber Google

Palangka Raya (Dayak News) – Pemerintah Kota Palangka Raya telah mengeluarkan surat Edaran dengan Nomor 188.45/../2021 Tentang Tata Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah yang jatuh pada tanggal 13 Mei 2021, meskipun ditengah pandemi Covid-19 Pemerintah tetap mengizinkan Sholat Ied untuk masyarakat.

Namun izin yang diberikan Pemerintah Kota Palangka Raya ini dibarengi dengan aturan yang sudah dibuat dan disusun karena kota Palangka Raya sendiri masih berada peringkat atas penyebaran covid-19.

Berikut point-point penting yang harus diketahui dan wajib dilaksanakan dalam melaksanakan Sholat Ied diantaranya :

  1. Berdasarkan hasil kesepakatan bersama, Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah dapat dilaksanakan disemua masjid, Musholla dan langgar serta Lapangan Terbuka.
  2. Untuk Sholat Ied, diupayakan untuk optimalkan lapangan-lapangan terbuka dilingkungan masing-masing untuk pelaksanaannya.
  3. Jamaah Masjid, Mushola dan Langgar dibatasi 50% dari Kapasitas tempat ibadahnya
  4. Pelaksanaan Sholat Ied di Masjid, Musholla dan Langgar wajib memperhatikan Sirkulasi udara dalam Keadaan Baik dan Lancar (semua pintu dan jendela terbuka lebar)
  5. Wajib menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat, dengan menerapkan 4 M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan)
  6. Rumah ibadah (Masjid, Musholla dan Langgar) wajib berada dikawasan Lingkungan aman Covid 19 atau tidak berada diwilayah dan zona merah.
  7. Menerapkan Pembatasan jarak dengan memberi tanda jarak khusus pada lantai baik dimesjid, musholla, Langgar dan juga lapangan terbuka (Jarak -/+ 1 meter sampai 1.5 meter) guna menghindari kontak fisik Antar jamaah.
  8. Bagi para lansia, atau masyarakat yang sedang dalam kondisi tidak sehat Flu, Batuk, demam tinggi dan baru sembuh dari sakit atau baru tiba dari perjalanan, tidak diperkenankan menghadiri Sholat Idul Fitri.
  9. Jamaah yang akan melaksanakan Sholat Ied, merupakan Jamaah atau warga yang bertempat tinggal komplek atau lingkungan sekitar Masjid, Mushola, atau langgar.
  10. Agar masyarakat bisa mematuhi point-point penting tentang tata cara pelaksanaan Sholat Ied yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan bisa melaksanakan penerapan Protokol Kesehatan sesuai Peraturan Walikota Palangka Raya nomor 26 tahun 2021. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.