PEMPROV KALTENG SALURKAN BLT UNTUK TERDAMPAK COVID-19 DI PALANGKA RAYA

oleh -
oleh
PEMPROV KALTENG SALURKAN BLT UNTUK TERDAMPAK COVID-19 DI PALANGKA RAYA 1

Palangka Raya, 19/6/2020 (Dayak News). Sebagaimana arahan Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) terus melakukan berbagai upaya untuk menangani segala dampak yang ditimbulkan Covid-19.

Salah satu upaya tersebut adalah penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat terdampak secara ekonomi akibat Covid-19, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Prov. Kalteng.

Menurut Gubernur H. Sugianto Sabran, bantuan sosial BLT tersebut merupakan bentuk kepedulian dan kehadiran pemerintah bagi masyarakat di masa-masa sulit akibat Covid-19 ini. BLT Pemprov Kalteng itu sendiri diprioritaskan bagi warga masyarakat terdampak Covid-19 yang belum menerima bantuan sosial, baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten/Kota.

Selain warga tidak mampu atau miskin, sasaran BLT tersebut termasuk juga para pekerja di sektor pariwisata dan pertanian yang terdampak Covid-19.

Jumat, 19 Juni 2020, Pemprov Kalteng menyalurkan Bansos BLT kepada sejumlah pekerja di sektor industri pariwisata dan kebudayaan serta para petani yang terdampak Covid-19 di Kota Palangka Raya.

Bertempat di UPT Taman Budaya, sebanyak 538 Kepala Keluarga (KK) warga Kota Palangka Raya yang bekerja di sektor industri pariwisata dan kebudayaan menerima penyerahan BLT sebesar Rp 500 ribu per KK.

BLT tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Guntur Talajan bersama Plt. Kepala Dinas Sosial Prov. Rian Tangkudung. Penyerahan BLT bagi 538 KK tersebut akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 19 dan 22 Juni 2020.

PEMPROV KALTENG SALURKAN BLT UNTUK TERDAMPAK COVID-19 DI PALANGKA RAYA 2

Secara keseluruhan, berdasarkan hasil verifikasi oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi dan Tim BPKP, data penerima manfaat BLT yang riil dan valid berjumlah 1.508 KK pekerja pariwisata dan kebudayaan se-Kalimantan Tengah. Adapun para pekerja di sektor pariwisata dan kebudayaan yang mendapatkan BLT itu, diantaranya pegawai hotel, pemandu wisata, dan karyawan biro perjalanan.

BACA JUGA :  KANTOR WALHI KALTENG MENDAPAT PERHATIAN GUBERNUR H.SUGIANTO SABRAN

Sementara itu, bertempat di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Prov., BLT Pemprov Kalteng untuk sektor pertanian diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas TPHP Prov. Sunarti kepada perwakilan petani. Total sebanyak 1.133 KK petani di Kota Palangka Raya mendapatkan BLT tersebut. Penyalurannya sendiri akan dilaksanakan selama 3 hari, yakni tanggal 19, 22, dan 23 Juni 2020. Untuk jumlah keseluruhan, sebanyak 37.703 KK dari kelompok petani yang terdampak Covid-19 se-Kalteng tercatat akan mendapatkan BLT dari Pemprov tersebut.

Dalam berbagai kesempatan saat penyerahan BLT, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengungkapkan, penyaluran BLT Pemprov Kalteng tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang saat ini mengalami kesulitan ekonomi diakibatkan pandemi COVID-19, terutama supaya memiliki daya beli terhadap kebutuhan pokok.

Gubernur Kalteng pun meminta seluruh jajaran terkait untuk terus menelusuri dan mendata warga masyarakat yang benar-benar membutuhkan, namun masih belum menerima bantuan, sehingga nantinya dapat dimasukkan pada tahapan penyaluran bantuan selanjutnya.(Pr/Hms/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.