POTENSI CUACA EKSTRIM AKAN MENGHANTUI KALIMANTAN TENGAH, WARGA DIMINTA WASPADA

oleh -
oleh
POTENSI CUACA EKSTRIM AKAN MENGHANTUI KALIMANTAN TENGAH, WARGA DIMINTA WASPADA 1
Beberapa waktu ini Masyarakat diingatkan dan dihimbau untuk waspada terhadap kemungkinan yang akan terjadi seperti banjir bandang, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Palangka Raya (Dayak News) – Meningkatnya Potensi curah hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan terjadi di sebagian besar wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah dalam beberapa waktu ini Masyarakat diingatkan dan dihimbau untuk waspada terhadap kemungkinan yang akan terjadi seperti banjir bandang, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Dikonfirmasi awak Media, salah seorang Prakirawan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika wilayah Kalimantan Tengah, Lian Adriani mengungkapkan bahwa saat ini diwilayah Perairan Selatan Kalimantan Tengah adanya prospek tinggi gelombang mingguan berpotensi mencapai 0,5 – 2,5 meter.

“adanya Cuaca buruk yang terjadi hampir di wilayah Kalimantan Tengah saat ini dipicu oleh pertumbuhan awan konvektif, khususnya awan cumulonimbus.” Ungkap Lian Adriani.

Menurut Lian, Awan ini dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dimana akan adanya potensi cuaca ekstrim angin kencang, dan juga tinggi gelombang yang meningkat di wilayah pesisir dan perairan selatan Kalimantan Tengah.

Dalam menghadapi kondisi cuaca seperti ini, dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan informasi terkait kondisi cuaca terbaru dan ikuti petunjuk serta peringatan dari pihak berwenang dimana Hal ini dapat membantu masyarakat untuk tetap waspada dan menghindari potensi bahaya.

“Dengan cuaca ini, masyarakat terus kami himbau untuk melakukan persiapan sebelum musim hujan tiba, seperti memperbaiki saluran air, memperkuat rumah dan bangunan, serta memastikan barang berharga dan dokumen penting berada dalam kondisi aman,” ungkap Lian Adriani.

Cuaca buruk seperti saat ini tambahnya, memang dapat menyebabkan berbagai macam bencana, namun hal ini dapat dihindari dengan sikap waspada dan persiapan yang matang. Oleh karena itu, masyarakat dapat mengikuti informasi terbaru dari BMKG dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.