Satgas Karhutla Kota Palangka Raya Amankan Pelaku Pembakar Lahan di Jalan Bandara Utama I, Yosan : Sempat Kejar-Kejaran dengan Pelaku

oleh -
oleh
Satgas Karhutla Kota Palangka Raya Amankan Pelaku Pembakar Lahan di Jalan Bandara Utama I, Yosan : Sempat Kejar-Kejaran dengan Pelaku 1

Palangka Raya (Dayak News) – Sempat Kejar – Kejaran seperti cerita Tom dan Jerry, Tim Satgas Karhutla bersama Babinsa Kelurahan Panarung Tangkap Tangan Pelaku Pembakar Lahan yang terjadi di Jalan Bandara utama I Kelurahan Panarung Kecamatan Pahandut, Kamis (12/10/2023) siang

Tertangkapnya pelaku ini Sendiri, berawal dari Tim Satgas Karhutla Kelurahan Panarung menerima laporan dari warga sekitar kejadian bahwa terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan.

Sesampainya di lokasi yakni Jalan Bandara utama I tim Satgas karhutla Kelurahan Panarung langsung mencari sumber air dan menyalakan mesin, untuk melakukan upaya pemadaman lahan yang terbakar.

“Saat teman-teman sedang melaksanakan pemadaman, saya berinisiatif untuk berkeliling melihat kondisi dan situasi disekitar lokasi kejadian dan menemukan seorang bapak yang sedang menebas rumput tidak jauh dari Lokasi Karhutla menggunakan sejenis parang, saat saya dekati bapak itu tiba – tiba lari.” Ungkap Sertu Yason.

Lanjutnya, melihat adanya hal yang janggal, akhirnya sertu Yason menghampiri terduga pelaku tersebut namun terduga pelaku langsung lari dan terjadilah kejar – kejaran dengan terduga pelaku. Disaat kejar – kejaran terduga pelaku yang diketahui berinisial A (65) sempat ingin melawan.

Namun dengan pendekatan persuasif, dirinya berhasil melakukan kontak bicara dengan terduga pelaku Isecara humanis, hingga akhirnya pelaku menyerahkan diri.

“Pelaku saya amankan ditempat kejadian perkara, bersama beberapa barang bukti. kemudian selanjutnya kami serahkan dan dibawa tim gabungan oleh pihak Polresta Palangka Raya dan Ditreskrimum Polda Kalteng untuk dilakukan Penyidikan dan pemeriksaan lebih lanjut.” Tukas Sertu Yason.

Ditempat terpisah, Kasubdit Kamneg Ditreskrimum Polda Kalteng, Kompol Hemat Siburian membenarkan pihaknya telah mengamankan seorang pria yang diduga telah melakukan pembakaran lahan di Jalan Bandara Utama I Kelurahan Panarung.

BACA JUGA :  Terjun Secara Langsung, Kapolda Kalteng Berbaur Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan

“Iya mas betul, saat ini lagi proses pemeriksaan oleh Penyidik Kamneg. Untuk pengakuan sementara akibat kelalaian pelaku sendiri tanpa pikir – pikir membuang puntung rokok saat bekerja membersihkan tanah dilokasi tersebut, sehingga akhirmya menjadi Kebakaran Hutan dan lahan.” Jelas Kompol Hemat Siburian mengakhiri Perbincangan. (AJn)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.