SEMARAK PENUTUPAN KKN UMPR KE-46

oleh -
SEMARAK PENUTUPAN KKN UMPR KE-46 1
Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd secara resmi menutup KKN ke-46 pada Kamis (6/1).

Palangka Raya (Dayak News) –  Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) secara resmi menutup kegiatan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) ke-46 pada 6 Januari 2022 dan sudah sekitar 2 bulan para mahasiswa dan mahasiswi UMPR yang berjumlah 301 orang mengabdi kepada masyarakat Bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah.

Kegiatan Penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-46 ini dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Dr. Sonedi, M.Pd. Penutupan yang berlangsung secara semi daring ini turut dihadiri oleh para Pejabat UMPR seperti Wakil Rektor 1, Dr. Hj. Laksminarti, S.H., M.H., dan Wakil Rektor 3, Dr. Norcahyono, S.Pd.I, M.H.I., Dekan, Dosen Pembimbing Lapangan, beserta mahasiswa.

Pada KKN ke-46 ini, UMPR menyebar peserta KKN di beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Ketua Panitia KKN ke-46, Endang Sri Suyati, M.Pd. menjelaskan, KKN pada periode ini dilaksanakan di 3 Kabupaten/Kota dan mulai disosialisasikan sejak September 2021. “Pada KKN kali ini akan ada 28 Kelompok yang disebar ke Kota Palangkaraya sejumlah 13 kelompok, Kabupaten Pulang Pisau sejumlah 7 kelompok, Kabupaten Kasongan 6 kelompok, dan terdapat 2 kelompok yang disesuaikan dengan domisili dari mahasiwa”ujar Endang Sri Suyati, M.Pd. saat ditemui selepas acara Penutupan pada Kamis (6/1).

SEMARAK PENUTUPAN KKN UMPR KE-46 2

Lebih lanjut Endang Sri Suyati, M.Pd. menyampaikan harapan dari kegiatan KKN yang telah dilaksanakan oleh 301 mahasiswa ini. “Mudah-mudahan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat juga dapat menjadikan bahan pembelajaran bagi mahasiswa”sahut Kabid Pengabdian Masyarakat ini.

Seperti diketahui, Kegiatan KKN dibawahi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). Kepala LP2M, Dr. Nurul Hikmah Kartini, S.Si., M.Pd. mengemukakan bahwa pada KKN kali ini akan dipusatkan pada pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan Universitas. “Pada KKN ke-46 ini kami bagi menjadi kegiatan fisik dan non-fisik. Pada kegiatan non fisik para peserta KKN terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan pelatihan, penyuluhan, hingga pemberian sembako yang tentunya kami harapkan dapat meringankan beban masyarakat khususnya yang terdampak Pandemi Covid-19,”sambung Dr. Nurul Hikmah Kartini, S.Si., M.Pd, Kamis (6/1).

Kepala LP2M, Dr. Nurul Hikmah Kartini, S.Si., M.Pd. melanjutkan bahwa pada Kegiatan Penutupan KKN 46 ini sedikit berbeda dengan Penutupan KKN 45 sebelumnya. “Meski masih semi daring, pada penutupan KKN 46 kali kegiatan sudah diikuti oleh 12 kelompok yang hadir secara luring, sedangkan sisanya hadir secara daring. Adapun untuk penutupan KKN 45 sebelumnya hanya dihadiri oleh 2 orang perwakilan mahasiswa saja,”ujarnya.

Sementara Rektor UMPR, Dr. Sonedi M.Pd dalam sambutan penutupan KKN ke-46, menyampaikan motivasi kepada peserta agar apapun yang telah diperoleh selama penyelenggaraan KKN dapat dijadikan sarana untuk meningkatan kompetensi dan jati diri agar ketika peserta KKN lulus nanti dapat memberikan sumbangsih kepada Masyarakat Kalimantan Tengah.

SEMARAK PENUTUPAN KKN UMPR KE-46 3

“Kegiatan KKN yang telah dilakukan oleh para mahasiswa merupakan bagian dari proses pembelajaran mahasiswa untuk menyesuaikan diri dengan masyarakat. Karena setelah lulus kuliah nanti maka mereka akan terjun langsung ke masyarakat, Selain itu dari kegiatan KKN ini merupakan salah satu sarana bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi terutama softskillnya.” ujar Dr. Sonedi, M.Pd sebelum menutup kegiatan KKN

Selepas memberi sambutan, Rektor UMPR didampingi seluruh Wakil Rektor secara simbolik melepas atribut KKN yang dikenakan oleh 2 Perwakilan mahasiswa.  Acara kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.

Di akhir Acara Penutupan, Ketua Panitia KKN Endang Sri Suyati, M.Pd. menyampaikan nominasi hasil nilai kegiatan KKN 46. Untuk kategori Komti Terkomunikatif dimenangkan oleh Muhammad Fuad Ikhwansyah (Palangka Raya) dan Mutafal Anin (Kasongan). Untuk kategori Dosen Pembimbing Lapangan terbaik dimenangkan oleh Lastaria, M.Pd. Pada kategori Relawan terbaik dimenangkan oleh Eggy Surya Ramadhan (Kasongan). Pada kategori Kelompok terkompak dimenangkan oleh Kelompok 2. Untuk kategori Video Individu dimenangkan oleh Efri Listio Lina (Juara 1), Rismaya Afifah (Juara 2), dan Joni Mulianto (Juara 3). (PR/AI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.