Sembunyi dalam Rumah Warga, 2 Ekor Biawak Berukuran Sedang Dievakuasi Tim Animal Rescue Damkar Dishut

oleh -
oleh
Sembunyi dalam Rumah Warga, 2 Ekor Biawak Berukuran Sedang Dievakuasi Tim Animal Rescue Damkar Dishut 1

Palangka Raya (Dayak News) – Tim Animal Rescue Damkar Dishut, Berhasil mengevakuasi 2 ekor biawak berukuran sedang yang bersembunyi didalam rumah warga Masyarakat di Jalan Yogyakarta Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya, Senin (10/06/2024).

Kepala Tim Damkar Dishut, Fauzi, saat dihubungi dayaknews.com mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan laporan awal dari masyarakat bernama Zahwa yang menyampaikan bahwa rumahnya ada kemasukan hewan liar dan bersembunyi ditumpukan barang-barang.

“Setelah kami tiba dilokasi laporan, dan melakukan perbincangan dengan pemilik rumah yang menyatakan hewan tersebut adalah biawak berukuran sedang dan berada di dekat tumpukan barang.” Terang Fauzi kepada Dayaknews.com.

Lanjut Fauzi, Setelah tim Mendapatkan titik-titik dimana Hewan reptil yang dalam bahasa Ilmiahnya Varanus Indicus tersebut terakhir terlihat oleh Pemilik Rumah, tim Animal Rescue Damkar Dishut langsung melakukan Penyisiran menyeluruh.

“Kita temukan biawak pertama di Area halaman belakang rumah yang digunakan tempat barang-barang tidak terpakai milik Pemilik Rumah, lalu satu sempat lari namun berhasil diamankan bersembunyi tidak jauh dari lokasi pertama.” Ucapnya.

Diuraikan Fauzi, saat menaklukan 2 biawak berukuran sedang tersebut tim sempat kewalahan karena biawak yang sempat menyerang dengan menghempaskan ekornya, namun karena kejelian dan kecakapan tim, kurang dari 30 menit biawak bisa ditangani.

“Alhamdulilah, meskipun sempat kewalahan, anggota kita berhasil mengamankan biawak tersebut. Diduga biawak ini sepasang jantan dan betina yang hendak mencari lokasi untuk mengeram dan menetaskan telurnya.” Tukas Fauzi.

Sementara itu, setelah berhasil ditangani kedua biawak berukuran sedang dengan panjang sekitar 1.5 meter tersebut di evakuasi dan diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Kalimantan Tengah untuk selanjutnya di lepasliarkan ke alam dan jauh dari Lokasi warga masyarakat. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.