SEORANG OKNUM ASN PENGADILAN AGAMA DIDUGA TERLANTARKAN ISTRI SIRINYA YANG HAMIL 4 BULAN

oleh -
oleh
SEORANG OKNUM ASN PENGADILAN AGAMA DIDUGA TERLANTARKAN ISTRI SIRINYA YANG HAMIL 4 BULAN 1
Kuasa Hukum Theresya, Sudirman

Palangka Raya (Dayak News) – Seorang Oknum ASN pada salah satu instansi Pengadilan Agama Palangkaraya, diduga telah menelantarkan istri muda hasil pernikahan sirinya di kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Diketahui bahwa keduanya telah menikah siri pada 10 Juni 2022 dikota Samarinda namun entah apa yang terjadi, suami berubah pikiran dan meninggalkan istrinya tersebut seminggu setelah menikah.

Merasa diterlantarkan, Istri Siri Oknum yang diduga merupakan Ketua Pengadilan Agama Palangkaraya ini bernama Theresya Mala berinisiatif datang ke Kota Palangkaraya. Pasalnya, dari laporan yang diterima Theresya tersebut, yang dicarinya yang merupakan oknum diduga Ketua Pengadilan Agama telah dipindah tugas dari Pengadilan Agama Samarinda ke Pengadilan Agama Palangkaraya.

Yang membuat Theresya tegas untuk mendapatkan haknya, lantaran saat ini, Theresya tengah mengandung hasil buah cintanya dari oknum tersebut, dengan usia kandungan telah memasuki 4 bulan.

Kuasa Hukum Theresya, Sudirman mengatakan tujuannya dan kliennya datang ke Palangkaraya untuk menindaklanjuti surat yang dilayangkan ke Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Palangkaraya.

“Isi surat pada PTA Palangkaraya tersebut adalah meminta untuk menunda pelantikan dari Saudara Alpian sebagai Ketua Pengadilan Agama (PA) Palangkaraya,” jelasnya kepada Awak Media.

Menurut Sudirman ada hal yang sangat fundamental dan seharusnya tidak dilakukan oleh oknum Ketua PA Palangkaraya terhadap istri sirinya. Pasalnya Theresya ini demi menikah siri dengan Alpian, ia harus menjadi mualaf guna menyamankan agamanya.

“Selaku kuasa hukum, kami sudah bersurat kepada PTA Samarinda dan PTA Palangkaraya pertanggal 31 Agustus 2022 lalu,” terangnya.

Bahkan Sudirman telah bersurat kepada Mahkama Agung dan Komisi Yudisial terkait permasalahan yang dialami oleh kliennya tersebut.

BACA JUGA :  FAIRID NAPARIN KEMBALI TERPILIH PIMPIN GOLKAR KOTA PALANGKA RAYA

Sudirman pun menjelaskan yang menjadi dasar pada surat yang dilayangkan oleh pada instansi terkait.

“Karena bagi kami sangat tidak layak dan pantas, seorang yang paham peraturan terkait agama melakukan pernikahan siri,” tegasnya.

Ia melanjutkan pernikahan siri hanya sah secara hukum agama Islam namun tidak pada hukum negara yang berlaku di Indonesia.

“Sebelum oknum eks Ketua PA Samarinda dipindah tugas ke Palangkaraya telah dilakukan mediasi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Samarinda dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Samarinda,” ungkap Sudirman.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil mediasi, kliennya diminta untuk pisah rumah, karena pernikahan siri dianggap tidak sah dan ilegal.

“Artinya hal seperti itu tidak pantas dilakukan oleh para oknum pejabat yang notabene bekerja di pengadilan agama. Itulah yang menjadi fokus kami dengan datang langsung ke Palangkataya,” ujar Kuasa Hukum.

Ia berharap Komisi Yudisial dan Mahkama Agung bisa memproses hal tersebut secara etik dan peraturan yang berlaku pada instansi tersebut Serta jika benar apa yang dikatakan bahwa pernikahan siri merupakan hal yang ilegal, Sudirman meminta untuk memberikan statement.

“Kalau benar itu ilegal, saya meminta Wakil Pengadilan Tinggi Samarinda untuk memberikan statement melalui media massa bahwa pernikahan siri adalah hal yang ilegal dan tidak sah,” pintanya.

Sudirman meminta hal itu disampaikan agar tidak menjadi polemik pada masyarakat dan yang dirugikan adalah kaum wanita.

“Klien saya diterlantarkan, karena sampai pada saat ini tidak ada komunikasi antara Theresya dan Alpian selama 4 bulan,” ungkapnya.

Sudirman membenarkan bahwa istri sirinya ditinggalkan oleh oknum tersebut dalam kondisi hamil dengan usia kandungan 4 bulan.

“Harapn klien saya, agar oknum tersebut diproses sesuai kode etik yang berlaku pada instansi tersebut. Serta perlu ditegaskan bahwa lembaga ini merupakan lembaga yang terhormat, junjung, patuhi segala ketentuan yang berlaku di dalamnya,” tegas Sudirman. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.