SIKAMALI’ KKTL PALANGKARAYA DAN PMTI KALTENG, MENJALIN KEAKRABAN MERAJUT KEBERSAMAAN

oleh -
SIKAMALI' KKTL PALANGKARAYA DAN PMTI KALTENG, MENJALIN KEAKRABAN MERAJUT KEBERSAMAAN 1
Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) dan Kerukunan Keluarga Toraja-Luwu (KKTL) secara khusus mengadakan berbagai moda pertemuan rutin. Salah satunya dengan mengadakan arisan bulanan keluarga yang dinamakan Arisan Sikamali'.

Palangka Raya (Dayak News) – Masyarakat Toraja di perantauan Kota Cantik, merupakan suatu bagian dari masyarakat pada umumnya di daerah ini. Hanya saja, mereka, yang tergabung dalam organisasi Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) dan Kerukunan Keluarga Toraja-Luwu (KKTL) secara khusus mengadakan berbagai moda pertemuan rutin. Salah satunya dengan mengadakan arisan bulanan keluarga yang dinamakan Arisan Sikamali’.

Sikamali’ dalam bahasa Toraja itu bermakna menjalin kebersamaan dan merajut persaudaraan. Terutama sekali karena keluarga-keluarga dari asal daerah Toraja Raya dan Luwu Raya yang berdomisili dan bekerja di daerah Kalteng dan khususnya di Kota Palangka Raya sekitarnya.

Arisan Sikamali’ ini merupakan pertemuan pertama di tahun Baru 2023. Bertempat di Kolam Pancing Datu Mangku kawasan Kereng Bengkirai, Senin (23/1) sepanjang tengah hari hingga petang, turut menyertakan puluhan anak-anak panti asuhan Agape Tangkiling.

Tujuan dari kegiatan ini seperti dijelaskan oleh Ketua Arisan Sikamali’ ini, Yohanis Borosenga’ adalah sebagai bentuk kebersamaan antara sesama perantau asal Toraja-Luwu di daerah ini yang harus terus dipupuk dan dibina. Demikian pula tidak saja ke dalam juga perkumpulan ini turut mengajak anak-anak panti asuhan Agape untuk berbagi dan bersukacita. Setidaknya masih dalam rangkaian perayaan Natal dan masuk Tahun Baru, tegasnya.

SIKAMALI' KKTL PALANGKARAYA DAN PMTI KALTENG, MENJALIN KEAKRABAN MERAJUT KEBERSAMAAN 2
Salam khas Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia

Acara ramah tamah dan perkenalan dipandu oleh Barto Sanda sebagai sekretaris dari arisan. Dalam sambutan-sambutan yang diberikan oleh para sesepuh KKTL, antara lain oleh dr. Arnold Singarimbun dikatakan bahwa acara seperti ini bagus untuk dilakukan rutin, karena ini semacam refreshing dan memberikan hiburan terutama bagi lansia. Kegiatan bersosialisasi itu tetap dibutuhkan kata sang dokter. Hal ini bagus untuk menjaga kesehatan fisik dan psikis kita semua.

Pada bagian lain, Ketua Umum PMTI, Irbar P. Senobua’ yang juga sekaligus menjadi anggota arisan keluarga ini, menyampaikan pula sejarah berdirinya KKTL yang sudah memasuki usia emas 50 tahun merupakan suatu modal sejarah bagi warga Toraja -Luwu di daerah ini. Sementara PMTI sebagai organisasi kekeluargaan Toraja se Indonesia dari semua agama. Sebab realitas Katorayan atau Ketorajaan itu persaudaraan kekeluargaan semua agama dan lintas gereja. Hal ini yang harus diresapi dan dipahami kita semua.

Acara arisan Sikamali’ ini mengadakan berbagai acara kegembiraan dan perlombaan yang diberi hadiah sembako. Ada lomba makan kerupuk, sendok kelereng, menari balon, dan estafet menjepit terong serta main domino.

Salah seorang anggota arisan, Obed Piter yang telah bermukim sejak 38 tahun lalu di Palangka Raya, mengungkapkan kebanggaan tersendiri atas terselenggaranya momen temu ramah tamah anggota arisan Sikamali’ kali ini. Ia merasakan keakraban dan persaudaraan sesama perantau Toraja-Luwu semakin erat dan bersatu. Tidak saja dalam momen duka cita yang memang ciri khas warga Toraja yang peduli dengan momen demikian atau jika ada anggota yang sedang alami sakit, juga tentunya saat bersuka gembira seperti hari ini.

Sementara anggota keluarga lainnya terlihat sibuk dengan aktifitas memancing ikan di kolam-kolam yang menghadirkan sensasi tersendiri.

Pengurus KKTL pada umumnya mengharapkan agar ke depan arisan warga Toraja-Luwu ini semakin rutin dan aktif bulanan dilaksanakan di setiap rumah anggota yang memang sempat terkendala oleh pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. (CPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.