TAHUN 2022, KECELAKAAN LALU LINTAS DI KALIMANTAN TENGAH MENINGKAT TINGGI

oleh -
oleh
TAHUN 2022, KECELAKAAN LALU LINTAS DI KALIMANTAN TENGAH MENINGKAT TINGGI 1
Kapolda Kalimantan Tengah, Irjen Pol Nanang Avianto pada acara konfrensi pers akhit tahun 2022.

Palangka Raya (Dayak News) – Selama tahun 2022, kecelakaan lalu lintas di Kalimantan Tengah meningkatkan tinggi sebesar 18 % menjadi 859 kasus dari yang tahun sebelumnya 727 kasus.

Kapolda Kalimantan Tengah, Irjen Pol Nanang Avianto mengungkapkan meski meningkat sangat tinggi, namun untuk korban meninggal dunia akibat kecelakaan di tahun 2022 mengalami penurunan sebanyak 5% menjadi 303 jiwa dari yang sebelumnya 318 jiwa.

“Sementara untuk korban luka berat mengalami peningkatan 32,5 persen menjadi 106 jiwa dari yang sebelumnya hanya 80 jiwa,” katanya kepada sejumlah awak media.

Dari 859 kasus tersebut, kecelakaan terbanyak terjadi di wilayah hukum Polresta Palangka Raya, dengan 225 kasus. Kemudian Polres Kotawaringin Timur sebanyak 135 kasus dan Polres Pulang Pisau sebanyak 82 kasus.

Sementara, penyebab terjadinya kecelakaan tertinggi diakibatkan oleh pengendara yang melajukan kendaraannya dengan kecepatan tinggi atau Human Error.

“Di 2022 ini, kecelakaan akibat kecepatan tinggi meningkat 15 persen menjadi 119 kasus dari yang sebelumnya hanya 101 kasus,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Irjen Pol Nanang Avianto mengimbau seluruh masyarakat, agar dapat benar-benar mentaati peraturan lalu lintas, sehingga terhindar dari kecelakaan yang dapat merugikan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

“Terlebih bagi para orang tua untuk tidak memberikan sepeda motor kepada anaknya. Karena tidak sedikit anak di bawah umur yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya. (AJn)

BACA JUGA :  Patroli pagi Polsek sambang warga Sampaikan Pesan Kamtibmas Dan Prokes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.