UMP SIAPKAN TENAGA TERAMPIL BIDANG ILMU KOMUNIKASI UNTUK PEMERINTAH-SWASTA

oleh -33 views
UMP SIAPKAN TENAGA TERAMPIL BIDANG ILMU KOMUNIKASI UNTUK PEMERINTAH-SWASTA 1

Palangka Raya, 4/11/2020 (Dayak News). Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) terus meningkatkan kualitas layanan pendidikannya kepada masyarakat Kalimantan Tengah (Kalteng). Output dari upaya ini salah satunya adalah mencetak tenaga-tenaga terampil yang siap pakai untuk lembaga pemerintahan maupun swasta di Bumi Tambun Bungai.

Salah satu disiplin ilmu yang diajarkan di UMP untuk menjawab kebutuhan tenaga terampil bagi pemerintahan dan swasta itu adalah lewat dibukanya Program Studi Ilmu Komunikasi (Prodi IKom). Prodi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UMP ini telah telah dibuka sejak tahun 2016 lalu.

Dekan Fisipol UMP Dr HM Yusuf MAP melalui Kepala Prodi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi H Junaidi SH MIKom, kepada Dayak News, Rabu (4/11/2020), menjelaskan, pendirian prodi ini dilatari minimnya tenaga ahli bidang ilmu komunikasi di lingkup pemerintahan daerah di Kalteng.

UMP SIAPKAN TENAGA TERAMPIL BIDANG ILMU KOMUNIKASI UNTUK PEMERINTAH-SWASTA 2

“Dari hasil penelitian, tenaga ahli bidang ilmu komunikasi yang diserap di pemerintahan maupun swasta hinga kini sangat minim. Salah satu penyebabnya karena belum ada prodi ilmu komunikasi yang dimiliki perguruan tinggi (PT) baik negeri maupun swasta di daerah ini,” sebut Junaidi yang diwawancara didampingi Kaprodi Adminisitrasi Negara Irwani SSos MAP dan Kaprodi Strata-2 Magister Administrasi Publik Novianto Eko Wibowo SSos MAP.

Junaidi melanjutkan, pendirian Prodi Ilmu Komunikasi di lingkup Fisipol UMP merupakan jawaban untuk mengatasi kelangkaan tenaga ahli di bidang ini yang siap pakai untuk memenuhi kebutuhan lokal.

“Prodi Ilmu Komunikasi Fisipol UMP ini merupakan satu-satunya yang ada di perguruan tinggi di Kalteng. Alhamdulillah sejak berjalan 4 tahun lalu sudah mampu melahirkan alumnus yang kini terserap di lingkup kehumasan pemerintahan daerah maupun di perusahaan swasta bidang Publict Relations (PR),” ujar kandidat peraih gelar doktoral itu.

Dosen pengajar yang juga merupakan wartawan senior ini menambahkan, Prodi Ilmu Komunikasi Fisipol UMP terus membuka kesempatan bagi masyarakat yang berminat mengembangkan keterampilannya di bidang ini.

Secara kualitas, lanjutnya, layanan pendidikan di Prodi Ilmu Komunikasi ini tidak perlu diragukan lagi. Sebab, seluruh aspek di dalamnya sudah terstandardisasi sebagai bagian dari Fisipol UMP yang telah meraih akrediasi “A” dari BAN-PT.

TAMBAH KEJURUAN

Terpisah, Rektor UMP Dr H Sonedi MPd menyatakan komitmen perguruan tinggi ini dalam upaya penyediaan  generasi terampil di berbagai disiplin ilmu, terutama untuk menjawab tantangan era globalisasi. Keberadaan

Prodi Ilmu Komunikasi Fisipol dan 15 prodi lain di UMP ini merupakan salah satu dari upaya tersebut.

“Ke depan, kita terus mengembangkan kejuruan dan prodi-prodi yang relevan dengan kebutuhan daerah. Di era globalisasi ini, tenaga-tenaga terampil yang sangat dibutuhkan itu terutama dibutuhkan di bidang sistem informatika, bisnis digital, dan farmasi,” terang Sonedi.

Ditambahkannya, dari beberapa kejuruan disiplin ilmu yang terus dijajaki UMP untuk didirikan itu adalah ilmu kedokteran.

“Memang saat ini pendidikan kedokteran dalam masa moratorium. Sambil menunggu kerannya dibuka, kita melakukan penjajakan dengan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi yang sudah ada fakultas kedokterannya,” tandasnya. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *