Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Kalimantan Tengah: Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju

oleh -
oleh
Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Kalimantan Tengah: Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju 1
Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023. Upacara ini dipimpin oleh Wakil Gubernur (Wagub) Edy Pratowo di Aula Jayang Tingang, Kompleks Kantor Gubernur, Kota Palangka Raya, Minggu pagi, 1 Oktober 2023. (Foto/Ist)

Palangka Raya (Dayak News) – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) telah mengadakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023. Upacara tersebut digelar di Aula Jayang Tingang, Kompleks Kantor Gubernur, Kota Palangka Raya, pada hari Minggu pagi, tanggal 1 Oktober 2023, dengan pimpinan Upacara oleh Wakil Gubernur (Wagub) Edy Pratowo.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, para Staf Ahli Gubernur, Asisten Sekretaris Daerah, Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal, dan Pejabat Administrator yang bertugas di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Upacara ini diselenggarakan sesuai dengan Surat Edaran Mendikbudristek RI Nomor: 31328/MPK.F/TU.02.03/2023, yang menegaskan bahwa Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini akan diselenggarakan secara luring (offline) di kantor masing-masing instansi, baik di tingkat Pusat, Pemerintah Daerah, Kantor Perwakilan RI di luar Negeri, maupun satuan pendidikan.

Tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju”. Wagub Edy Pratowo, dalam sesi wawancara usai upacara, menekankan bahwa Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen penting untuk memperkuat rasa kebersamaan dan persatuan di kalangan masyarakat.

Wagub Edy Pratowo menyatakan, “Tentunya makna yang kita ambil dari Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini adalah bahwa kita memiliki pedoman, pandangan dasar, dan Falsafah Negara Pancasila sebagai benteng kekuatan kita, yang mengandung lima sila. Dengan kelima sila Pancasila ini, kita berharap dapat terus memperkuat kebersamaan dan kekompakan. Dengan kekompakan dan kebersamaan tersebut, negara kita akan semakin kuat dan maju di masa yang akan datang.”

Selain itu, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun ini diadakan di dalam ruangan, mengingat meningkatnya kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa wilayah, termasuk di Kota Palangka Raya. (ist)

BACA JUGA :  Deteksi Dini Kerawanan dan Gangguan Kamtib di Areal Sel WBP, Petugas Rutan Gelar Razia

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.