Usai Sholat Jumat, Api Karhutla Berkobar di Jalan Ir. Soekarno Palangka Raya dan Hampir Kena Rumah Warga

oleh -
oleh
Usai Sholat Jumat, Api Karhutla Berkobar di Jalan Ir. Soekarno Palangka Raya dan Hampir Kena Rumah Warga 1
Kebakaran lahan mendekati pemukiman warga kembali terjadi di Jalan Ir. Soekarno 1, kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya, Jumat (01/09/2023) siang.

Palangka Raya (Dayak News) – Kebakaran lahan mendekati pemukiman warga kembali terjadi di Jalan Ir. Soekarno 1, kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya, Jumat (01/09/2023) siang.

Warga sekitar yang baru pulang dari sholat Jumat langsung geger saat Api berkobar dan membakar sejumlah lahan gambut dan semak belukar yang kering saat musim kemarau melanda

Selain itu, menurunnya curah hujan menyebabkan sekatan lahan dan parit yang menjadi sumber air yang dibuat oleh warga ikut mengering.

Salah seorang warga, Fevri Ibin membenarkan bahwa api yang telah dipadamkan sebelumnya kembali membara bahkan mendekati rumah warga termasuk rumahnya yang tepat posisinya dengan api.

Usai Sholat Jumat, Api Karhutla Berkobar di Jalan Ir. Soekarno Palangka Raya dan Hampir Kena Rumah Warga 2

“ini kemarin sudah dipadamkan, entah kenapa Kebakaran lahan yang terjadi sudah mendekati rumah warga dan ditakutkan menjalar hingga ke rumah ini apinya tadi sempat dibelakang rumah saya” ujarnya.

Menurutnya, kebakaran lahan yang terjadi diwilayah mereka ini sudah berlangsung selama seminggu pada kawasan tersebut. Bahkan Api dengan cepat menyala karena lahan gambut yang sangat kering dan hembusan angin yang cukup kencang.

“Awalnya api berada di dekat rumah kosong yang ada di seberang kiri rumah, kemudian menjalan hingga dekat rumah,” terangnya.

Api kemudian menjalar dan membakar lahan yang berada di dekat kawasan pemukiman warga. Satgas Kathutla juga cukup kesulitan dalam melakukan pemadaman karena sulitnya sumber air di lokasi.

“Sumber air cukup sulit disini, jadi kami membuka sumur bor sebagai sumber air bagi para petugas untuk memadamkan api,” jelasnya.

Satgas Karhutla bahkan telah beberapa kali memadamkan areal lahan yang terbakar di kawasan Jalan Ir Soekarno 1 tersebut.

Warga pun berharap kebakaran lahan dapat segera dipadamkan oleh Satgas Karhutla.

BACA JUGA :  JELANG SHOLAT SUBUH, PABRIK PENGGORENGAN TAHU JALAN KARANGGAN TERBAKAR HEBAT

“Kita berharap lahan yang terbakar dapat segera dipadamkan oleh para petugas dan relawan Satgas Karhutla Gabungan, sehingga api tidak menyala kembali,” pungkasnya. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.