WARGA DAYAK BAKUMPAI GELAR LOMBA, RAKER DAN SEMINAR

oleh -
oleh
WARGA DAYAK BAKUMPAI GELAR LOMBA, RAKER DAN SEMINAR 1

Palangka Raya (Dayak News) -Pasca dilantik pada akhir 2020, Pengurus Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Kalimantan Tengah yang dinakhodai Dr.H. Suriansyah Murhaini, SH, MH tidak dapat melaksanakan kegiatan dan program kerja karena situasi pandemi Covid-19 pada saat itu yang belum terkendali. Adanya larangan dan pembatasan aktivitas pertemuan secara massal .

Sehingga membuat organisasi yang telah eksis sejak tahun 1953 ini hanya melakukan kegiatan secara daring.

Seiring dengan semakin melandainya kasus covid-19 secara nasional dan lokal, KKB Kalimantan Tengah pun mulai bergerak melaksanakan berbagai program kegiatan. Ujar DR.Suriansyah Muraini SH, MH ketua KKB Kalteng Jumat (19/11) kepada awak media.

Setelah itu sambung Dekan Fakultas Hukum Universitas Palangka Raya itu, melaksanakan penggalangan dan penyaluran dana serta bantuan sosial untuk korban banjir di Katingan, Barito Utara dan Murung Raya pada September lalu.

KKB Kalteng melanjutkan kegiatannya pada bulan Oktober dengan menggelar dua kegiatan sosial keagamaan, yakni Lomba virtual memeriahkan Maulid Nabi Muhammad 1443 H yang mempertandingkan enam (6) cabang Lomba, yaitu: Ceramah Bahasa Bakumpai, Pantun Bahasa Bakumpai, hadrah rudat, Maulid al-Habsy, Kuntaw lawang sakepeng, serta lomba artikel tanaman herbal khas Dayak Bakumpai.

WARGA DAYAK BAKUMPAI GELAR LOMBA, RAKER DAN SEMINAR 2

Selain itu, pada senin malam (08/11) juga dilaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1443 bertempat di rumah jabatan sekda Provinsi Kalteng dengan menghadirkan tokoh Bakumpai Pusat Ustadz H. Adrianopel Samudra dari Banjarmasin.

Puncak kegiatan tahun ini adalah kegiatan Rapat Kerja (RAKER) pengurus KKB Provinsi Kalteng serta seminar nasional yang juga dihadiri oleh Pengurus Pusat KKB, Pengurus KKB Kalteng serta seluruh perwakilan pengurus KKB se-kabupaten/kota se-Kalteng.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut 12-13 November 2021 tersebut dilaksanakan di hotel Nascar Family, jalan Nyai Undang Palangka Raya.

Agenda kegiatan di samping mendengarkan laporan kegiatan KKB Kabupaten/Kota, juga mempertajam program kerja KKB untuk tiga tahun mendatang. Acara rapat kerja yang dihadiri oleh gubernur tersebut mengambil tema: ”Optimalisasi peran warga Dayak Bakumpai dalam merumuskan program startegis menuju Kalteng lebih berkah.”

Sedangkan raker, juga dimeriahkan dengan pengumuman dan penyerahan hadiah pemenang lomba Gebyar Maulid KKB se-Kalteng, dirangkai dengan kegiatan seminar nasional seri 01 KKB Kalteng tema: “ identitas, etnisitas dan diaspora Dayak Bakumpa dihadiri ratus peserta diisi tiga nara sumber yaitu Dr.H. Suriansyah Murhaini (Ketua KKB Kalteng/ Dekan FH UPR), Prof.Dr.H. Rizali Hadi, MM (Pengurus Pusat KKB), serta prof. Setia Budhi, M.A.,Ph.D (akademisi Univ. Lambung Mangkurat).

Disamping dihadiri pengurus dan warga Bakumpai, kegiatan raker dan seminar juga dihadiri Forum Pemuda KKB Kalteng, mahasiswa dan pelajar Bakumpai – Barito yang ada di Palangka Raya. (Sut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.