Warga Palangka Raya Keluar Berpergian Tanpa KTP, Siap-Siap Kena Denda 100 Ribu

oleh -
Warga Palangka Raya Keluar Berpergian Tanpa KTP, Siap-Siap Kena Denda 100 Ribu 1

Palangka Raya (Dayak News) – Satuan Polisi Pamong Praja telah mengeluarkan Himbauan serta Selebaran bagi Masyarakat Palangka Raya dimana dalam isinya masyarakat diwajibkan terus membawa identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) saat bepergian.

Hal ini didasari atas Peraturan Daerah Kota Palangka Raya Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Peraturan Walikota Palangka Raya Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Pelaksanaanya.

“Ketentuan Pasal 81 ayat 5 menyebutkan bahwa penduduk yang telah memiliki KTP Elektronik wajib membawanya pada saat bepergian,” kata Kasatpol PP Palangka Raya, Berlianto saat dihubungi dayaknews.com Sabtu (08/06/2024).

Diterangkan Berlianto, dalam Perda tersebut, Bagi warga masyarakat yang melanggar aturan itu, siap-siap dikenakan sanksi denda administratif sebesar Rp.100.000.-

Warga Palangka Raya Keluar Berpergian Tanpa KTP, Siap-Siap Kena Denda 100 Ribu 2
Razia KTP-El beberapa waktu lalu.

“Sanksi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membawa KTP-el saat bepergian,” ujarnya.

KTP-el atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik merupakan identitas resmi yang sangat penting bagi setiap warga negara. Selain untuk keperluan administrasi, KTP-el juga berfungsi sebagai bukti identitas diri yang sah dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Dikesempatan tersebut, Berlianto Menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Palangka Raya untuk selalu membawa KTP-el saat bepergian. Dengan membawa KTP-el, dapat terhindar dari sanksi dan mempermudah proses administrasi. (AJn)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

BACA JUGA :  PENCURI GASAK ALFAMART BUKIT RAYA, PULUHAN JUTA DIGONDOL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.