WARGA TIONGHOA PALANGKA RAYA LAKSANAKAN PUJA BAKTI, MEREFLEKSIKAN DIRI DITAHUN KELINCI AIR

oleh -
WARGA TIONGHOA PALANGKA RAYA LAKSANAKAN PUJA BAKTI, MEREFLEKSIKAN DIRI DITAHUN KELINCI AIR 1
Warga keturunan Tionghoa melaksanakan Puja Bakti menjelang Tahun Baru Imlek 2574.

Palangka Raya (Dayak News) – Ratusan Warga keturunan Tionghoa yang berada dan tinggal Kota Palangka Raya, Sabtu (21/01/2023) malam mengikuti pelaksanaan Puja Bakti menjelang Tahun Baru Imlek 2574 yang berlangsung di dua lokasi yang berbeda yaitu di Klenteng Cetiya Kiat Yan Si yang berada di Jalan Damang Batu dan Vihara Avalokitesvara yang berada di Jalan Tjilik Riwut KM 9, Kota Palangka Raya.

Puja bakti dilaksanakan untuk mengungkapkan rasa syukur selama satu tahun ini atas apa yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa berupa berkat kesehatan, keberhasilan, kemajuan spritual maupun semua pencapaian yang didapat tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Majelis Budhayana Indonesia (MBI) Kota Palangka Raya, Koh Aphin yang hadir pada kegiatan tersebut dan ditemui awak media.

“Pada malam hari ini adalah malam terakhir dihitung kalender lunar jadi kami umat Tionghoa dimanapun berada dari beragam agama melaksanakan Imlek yang kami sebut dengan Malam Sa Cap, “ucap Koh Aphin.

Dikatakan Koh Aphin, hari ini sudah ada beberapa kegiatan dilaksanakan umat Tionghoa. Mulai pagi biasanya dilakukan sembahyang perhormatan bagi leluhur kemudian pada sore harinya makan malam bersama serta dilanjutkan malam harinya melaksanakan Puja Bakti bersama umat-umat yang lain.

“Mendekati detik-detik menyambut tahun baru pada pukul 00.00 WIB atau jam 12 malam kita akan sembahyang satu kali lagi untuk memohon semoga di tahun yang baru ini kita akan lebih baik di banding tahun lalu serta apa yang belum tercapai di tahun sebelumnya bisa dapat tercapai,” sambungnya.

Koh Aphin berharap melalui momen Imlek tahun ini yang disebut juga dengan tahun Kelinci Air, Kota Palangka Raya senantiasa dalam kondisi aman, terkendali, dan toleransi antar umat bergama selalu terjaga dengan baik.

“Saya selaku Ketua Majelis Budhayana Indonesia Kota Palangka Raya, mewakili seluruh umat Tionghoa mengucapkan Gong Xi Fa Cai, Selamat Tahun Baru Imlek 2574,” pungkasnya. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.