WASPADA!! MUSIM PERALIHAN HEWAN REPTIL BERKELIARAN

oleh -18 views
WASPADA!! MUSIM PERALIHAN HEWAN REPTIL BERKELIARAN 1

Palangka Raya, 5/11/2020 (Dayak News). Banyaknya Fenomena hewan Reptil jenis Ular yang belakangan ini dilaporkan masuk kepemukiman warga dan memakan habis ternak dan unggas dikarenakan perubahan kesehatan ekosistem dan rantai makanan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Operasi Emergency Response Palangka Raya, Yustinus Exaudi atau biasa disapa Bung Nago, Rabu (04/11) Malam.

Menurut Nago, adanya Perubahan Iklim membuat juga perubahan kesehatan di Jaringan Ekosistem sehingga berpengaruh dengan Sistem Rantai Makanan dari Ular itu sendiri.

“Iklim sekarang tidak menentu, bahkan kadang bisa panas terik bisa juga hujan, sehingga keseimbangan dialam berubah, makanya ular bepergian lebih jauh untuk mencari makan dan akhirnya tersesatlah diarea pemukiman,” Ungkap Nago.

Mengapa banyaknya ular yang dilaporkan masuk kepemukiman warga, jelas Nago cukup simpel ketika si ular melakukan perpindahan dari habitat awal dan menemukan habitat baru yang dirasa cukup banyak bahan makanan maka ular akan terus beradaptasi ditempat tersebut sampai rantai makanan seperti unggas tersebut habis, karena ular tidak bisa menentukan kemana dia pergi hanya mengandalkan sensor panas dan juga ketersediaan makanan yang cukup.

Melalui kesempatan ini, Nago mengharapkan kepada masyarakat untuk kerjasamanya jika melihat ada ular dalam pekarangan pemukimannya untuk tidak dibunuh dan segera melaporkannya kepada Tim ERP.

“Ular sebenarnya tidak akan menjadi buas jikalau tidak diusik, sebenarnya masyarakat cukup pahami karakter ular, jika tidak berani segera hubungi tim ERP, kami 24 Jam selama 7 hari selalu standby menerima laporan, yang pasti intinya saling kerjasama saja.” pungkasnya. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *