WUJUDKAN GREEN ISLAMIC CAMPUS, SIVITAS UMPR LAKUKAN PENANAMAN 500 POHON

oleh -
oleh
WUJUDKAN GREEN ISLAMIC CAMPUS, SIVITAS UMPR LAKUKAN PENANAMAN 500 POHON 1

Palangka Raya (Dayak News) –  Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) menjelang akhir tahun 2021 ini melaksanakan penghijauan berupa kegiatan penanaman di tiga lokasi berbeda. Tiga lokasi tersebut tersebar di Kampus 2 UMPR Kota Palangka Raya, Pulang Pisau, dan Kasongan. Untuk seremonial penanaman pohon ini dipusatkan di Kampus 2 UMPR Kota Palangka Raya.

Ketua Pelaksana Penanaman, Endang Sri Suyati, M.Pd. menuturkan bahwa untuk kegiatan penanaman ini terdapat 500 bibit berbagai jenis yang akan ditanam. “Penanaman ini dilakukan di tiga lokasi, di Kampus 2 UMPR Kota Palangka Raya, di Pulang Pisau, dan Kasongan yang tentunya melibatkan seluruh sivitas yang ada di UMPR,”sambungnya.

Dr. Sonedi, M.Pd selaku Rektor UMPR dalam sambutannya mengungkapkan bahwa penanaman yang dilakukan ini harapannya dapat meneruskan tradisi penghijauan kampus dan meneruskan julukan UMPR sebagai Green Islamic Campus. “Kita ingin kampus 2 ini nanti kedepannya membawa nuansa nyaman dan hijau dengan pepohonan. Pohon yang ditanam ini akan kita pelihara semaksimal mungkin sehingga nantinya pohon ini dapat menaungi area Kampus tercinta kita ini,”ujar Dr. Sonedi, M.Pd, Jumat (10/12).

WUJUDKAN GREEN ISLAMIC CAMPUS, SIVITAS UMPR LAKUKAN PENANAMAN 500 POHON 2

Rektor UMPR tentunya berterimakasih kepada para pihak yang ikut serta menyukseskan kegiatan penanaman ini. “Terima kasih kepada Dishut yang telah mendukung kegiatan penghijauan ini. Terima kasih juga kepada BPDAS-HL Kahayan yang telah menyuplai bibit untuk kegiatan penanaman kali ini,”ujarnya sebelum membuka kegiatan penanaman.

Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah, yang diwakili oleh M. Arifin Setiawan, S. Hut selaku Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan berujar bahwa sejak tahun 2018 Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah mulai melakukan kegiatan tidak hanya penanaman di dalam Kawasan tapi juga Penanaman pohon di luar Kawasan. “Kami tentunya akan mendukung Pembangunan ruang terbuka hijau, pembangunan hutan kota, dan kegiatan penghijauan lingkungan yang dilaksanakan oleh instansi dan dunia Pendidikan seperti yang dilakukan di Kampus 2 UMPR ini,”kata M. Arifin Setiawan, S. Hut.

BACA JUGA :  Hindari Adanya Korban Tenggelam Lagi, Camat Pahandut Langsung Perintahkan Tutup Wisata Dadakan Sungai Kahayan

Lebih lanjut M. Arifin Setiawan, S. Hut mengatakan bahwa Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Tengah tahun ini telah melakukan penghijaun di berbagai tempat. “Jika UMPR melakukan penanaman ini untuk pembangunan Ruang Terbuka Hijau tentu Dishut akan memfasilitasi untuk pembangunan ruang terbuka hijau seperti hutan kampus sampai tahun kedua, setelahnya kami serahkan ke pihak kampus untuk pemeliharaan tahun selanjutnya,”sambungnya.

Kepala BPDAS-HL Wilayah Kahayan yang diwakili oleh Ridwan Chalid tentunya sangat mengapresiasi kegiatan penanaman yang dilaksanakan oleh sivitas UMPR ini. “Kegiatan penanaman seperti yang dilakukan oleh UMPR tentunya akan selalu kami dukung demi terwujudnya penghijauan lingkungan. Kedepannya antara UMPR dengan BPDAS-HL Kahayan dapat meningkatkan kerjasama yang telah terjalin dengan berbagai kegiatan dan aksi untuk penghijauan,”tutur Ridwan.

Pada kegiatan penanaman ini, seluruh sivitas UMPR hadir mulai dari Pimpinan, Dosen, Pegawai, dan Mahasiswa. Dari kegiatan ini tentunya UMPR diharapkan dapat mewujudkan Green Islamic Campus. (PR/Sut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.